CANDI KETHEK (KARANGANYAR-JAWA TENGAH)

Candi Kethek adalah sebuah situs bekas bangunan candi dengan empat teras bertingkat yang menghadap ke arah barat. Masing-masing teras itu dihubungkan dengan undakan batu. Di sisi kanan candi terdapat jalan setapak sebagai alternatif untuk menuju ke teras paling atas. Kethek dalam bahasa Jawa berarti kera, nama yang diberikan oleh penduduk setempat kepada candi ini karena dahulu ada banyak ditemukan kera di daerah ini. Lokasi Candi Kethek berada di sebelah timur laut Candi Ceto, di lahan milik Perum Perhutani. Candi ini berada di lereng barat laut Gunung Lawu, dan masuk wilayah Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh sekitar 300 m dari Candi Ceto, searah dengan jalur jalan menuju ke Puri Taman Saraswati. (keterangan dari wikipedia)


Tak banyak yang tahu tentang keberadaan Candi Kethek. Popularitasnya seakan tenggelam oleh ketenaran Candi Cetho yang berada di kawasan yang sama. Kedua candi ini berada di daerah Kemuning di Lereng Gunung Lawu Kabupaten Karanganyar. Akses jalan yang buruk menuju lokasi juga membuat Candi Kethek kurang dikenal.


Berikut rute perjalanan dari Candi Cetho menuju Candi Kethek:

Teras ke-2 Candi Cetho

Teras ke-2 Candi Cetho

Dari teras kedua Candi Cetho ada jalan kecil yang berlanjut pada tracking berupa jalan tanah menuju Candi Kethek. Candi ini berada di kawasan hutan lindung milik Perhutani dengan ketinggian sekitar 1400 meter dpl.

image

Untuk bisa sampai ke Candi Kethek kita harus melalui jalanan tanah yang sempit. Di sebelah jalanan ini adalah tebing dan sisi yang lainnya adalah jurang. Jadi harap berhati-hati jika pergi ke sana pada saat musim hujan tiba.

Jpeg

Jalanan mendaki ketika kita berangkat dan menurun ketika kita pulang. Jika musim hujan tiba jalanan akan terasa licin. Jadi  gunakan alas kaki yang nyaman.

image

Setelah keluar dari kompleks Candi Cetho, kita akan bertemu dengan sebuah pos kecil. Di sini kita harus membeli karcis seharga Rp 3000/orang untuk tiket masuk ke candi Kethek dan puri saraswati.

Jpeg

Komplek Puri Saraswati

Komplek Puri Saraswati

Setelah melalui jalanan hotmix, maka kita akan bertemu dengan pertigaan. Jalan yang bagus menuju Puri Saraswati. Sedangkan jalanan tanah menuju Candi Kethek.

Petunjuk Arah ke Candi Kethek

Petunjuk Arah ke Candi Kethek

Jalanan mendaki harus kita lalui sepanjang kurang lebih 500 meter. Hingga kita bertemu dengan sungai kecil dengan air terjun kecil juga. Kita harus menyeberangi sungai kecil ini kemudian mendaki lagi.

Jpeg

Jalanan bebatuan menuju Candi Kethek

Jpeg

Papan Nama Candi Kethek

Kali ini cukup mendaki sepanjang kurang lebih 300 meter dan kita sudah bisa melihat penampakan Candi Kethek. Di pintu masuk Candi ada sebuah pondok kecil yang bisa kita gunakan untuk beristirahat. 

Candi Kethek (mblusuk.com)

Candi Kethek (mblusuk.com)

Candi Kethek

Candi Kethek

Candi Kethek (panoramio.com)

Candi Kethek (panoramio.com)

Bangunan Candi Kethek berupa punden berundak dengan komponen penyusun berupa batu-batu alam dalam ukuran besar dan kecil. Ada 7 teras dengan tangga berukuran kecil dan kemiringan yang curam menuju setiap teras. Seharusnya ada arca kura-kura kecil pada setiap tangga sebagai lambang dewa wisnu.

Sayangnya kita tidak akan bisa menjumpai arca-arca tersebut sekarang dan entah kemana perginya arca-arca itu tidak banyak orang yang tahu. Padahal dari arca kura-kura itu diketahui bahwa candi ini dibangun pada abad 15.

Selain arca, atap candi kethek juga sudah menghilang. Terdapat juga relief diantara batu-batu penyusun namun keadaannya sudah tidak mirip relief lagi. Padahal menurut sejarah, di candi ini terdapat 5 buah panil relief.

Bangunan Paling Atas Candi Kethek

Bangunan Paling Atas Candi Kethek

Baca juga:

Sumber

  • ^wikipedia
  • ^dokumentasi pribadi
Iklan

4 responses »

  1. […] abad ke-15 (menurut sejarah) berupa candi-candi kuno yang eksotis, seperti Candi; Sukuh, Cetho, dan Kethek. Bahkan masih dimungkinkan ada beberapa candi yang terpendam di dalam tanah atau candi yang belum […]

    Suka

  2. […] CANDI KETHEK (KARANGANYAR-JAWA TENGAH) […]

    Suka

  3. […] CANDI KETHEK (KARANGANYAR-JAWA TENGAH) […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s