wpid-screenshot_2015-10-08-19-14-14_1

Pasti diantara kalian pernah belajar kan? Apakah dalam benak kalian sudah punya trik bagaimana cara belajar yang efektif? Karena belajar tak sekedar membaca buku kan? Kalau membaca buku terus²an bisa-bisa malah stres nantinya. Hehehe…

Belajar itu bukan sekedar membaca buku. Untuk itu saya akan memberikan kiat² belajar yang efektif. Ini benar² saya terapkan sejak saya berada di bangku Sekolah Dasar (SD).

  1. Belajar dalam 2 session. Session pertama: dimulai setelah sholat isya’ sampai menjelang tidur dan session yang kedua: dimulai lagi setelah sholat subuh. Kalau saya biasanya memulai belajar dari jam 8 sampai jam 10 malam kemudian diulangi lagi jam 5 sampai jam 6 pagi.
  2. Ingat baik² sampai tema dan bab mana mata pelajaran kalian. Di dalam setiap mata pelajaran pasti ada tema dan bab nya kan? Setiap pelajaran apapun, pasti guru² kamu akan mengajarkan sesuai urutan dari tema dan bab nya.
  3. Membuat rangkuman pada session pertama (pada waktu jam 8 sampai jam 10 malam). Rangkumlah hal² yang penting dalam buku pelajaran kalian dari bab yang akan di ajarkan guru kalian kesokan harinya, lalu tulis ulang di lembaran kertas. (paham maksud saya kan?)
  4. Membaca rangkuman. (dilakukan pada seasson kedua, yaitu jam 5 sampai jam 6 pagi). Jika pada seasson pertama (jam 8 sampai 10 malam) kalian sudah membuat rangkuman, maka bacalah rangkuman² tadi pada season yang kedua.
  5. Mencatat hal² penting yang diajarkan guru yang belum ada dalam rangkuman. Jika masih ada hal² yang dirasa penting dan perlu dicatat lagi, maka tambahkan saja di rangkuman yang sebelumnya telah kalian buat.
  6. Ulangi terus menerus sampai ujian tiba. Ulangi langkah² yang telah saya sampaikan diatas secara kontinyu sampai tiba saat ujian.
  7. Kumpulkan rangkuman² yang telah kalian buat. Semua rangkuman yang telah kalian buat, simpanlah dari bab paling awal sampai paling akhir lalu jadikan sebuah buku baru karya kalian sendiri. Namai saja buku rangkuman.
  8. Membaca buku rangkuman sebelum ujian. Jika ujian telah tiba, bacalah buku rangkuman karya kalian sendiri.

Demikian kiat² belajar yang efektif dari saya. Semoga membantu…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s