Memilih Teman Bergaul

“Berteman jangan suka milih-milih.” Kata-kata itu tepat untuk orang yang sombong yang hanya mau bergaul dengan orang yang ia pikir selevel dengan dia.

Tapi sejatinya, kata-kata itu tidak sepenuhnya benar. Kita juga harus menyeleksi teman bergaul. Teman itu memang harus dipilih. Hanya kriterianya yang harus tepat.

Jangan gunakan kriteria yang menjerumuskan kita menjadi orang yang sombong dan tidak baik. Tapi gunakan kriteria yang akan membuat kita menjadi anak yang baik.

  • Sombong kalau kriteria teman kita adalah anak orang kaya saja (udah sombong, matre juga).
  • Sombong kalau kriteria teman kita itu yang ganteng atau cantik saja.
    Intinya, kalau kita mengambil standar duniawi sebagai teman, maka kita bisa termasuk sombong.

Rasulullah mendefinisikan sombong sebagai merendahkan manusia:

“Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR. Muslim)

Memang pertemanan itu ada tingkatan-tingkatannya. Ada yang hanya kenalan. Ada yang teman biasa seperti teman kelas, teman les. Ada juga teman yang lumayan dekat yang kita sering berinteraksi dengannya, ini yang disebut teman bergaul.

05-14-11.47.13

Dan ada juga yang lebih dekat lagi yang kita sebut sebagai sahabat. Dalam berteman, jangan sampai kita merendahkan orang lain. Janganlah kita hanya mau punya teman bergaul dari orang-orang yang kita pilih berlandaskan keduniaan dan menghindari pergaulan dengan orang lain karena kita meremehkan orang tersebut.

05-14-11.52.57

Bagaimana kriteria yang menjadikan kita anak yang baik? Pastinya, kriteria yang berdasarkan pada kebaikan. Maksudnya, kita memilih teman bergaul yang kita sering berinteraksi dengan mereka dari kalangan orang-orang yang berakhlak baik, sholeh, rajin belajar, bertanggung jawab, dll.

05-14-12.18.42

Pergaulan itu bisa menularkan perilaku seseorang kepada temannya. Tak sedikit anak baik-baik yang terjerat narkoba hanya karena salah memilih pergaulan. Dan sebagaimana watak buruk itu menular, watak baik pun bisa menyebar melalui pergaulan.

Rasulullah berpesan untuk memperhatikan teman bergaul:

“Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang sholih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.” (HR. Bukhari no. 2101, dari Abu Musa)

Penjelasan:

Dalam menjelaskan hadits ini Imam An-Nawawi berkata, “Hadits ini berbicara tentang keutamaan bergaul dengan orang-orang yang soleh, pelaku kebaikan, tata krama, akhlak mulia, wara’, berilmu, dan mempunyai sopan santun. Sebaliknya, hadits ini melarang kita bergaul dengan pelaku kejahatan, pembuat bid‘ah, suka menggunjing, berbuat dosa, dan sikap tidak terpuji lainnya.”

Dalam hadits lain Rasulullah bersabda:

“Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian”. (HR. Abu Daud no. 4833, Tirmidzi no. 2378, Ahmad 2/344, dari Abu Hurairah)

Imam Al Ghozali rahimahullah mengatakan:

“Bersahabat dan bergaul dengan orang-orang yang pelit, akan mengakibatkan kita tertular pelitnya. Sedangkan bersahabat dengan orang yang zuhud, membuat kita juga ikut zuhud dalam masalah dunia. Karena memang asalnya seseorang akan mencontoh teman dekatnya.” (Tuhfatul Ahwadzi, 7/42)

Ali bin Abi Thalib ra berkata:

“Hati-hatilah kalian dalam memilih teman, sesungguhnya teman adalah bekal di dunia dan akhirat.”

Contoh akibat dari salah bergaul

PicsArt_03-07-08.55.27

1. Siswi SMP diperkosa 12 teman dekat secara bergilir

Sungguh miris nasib bocah perempuan berinisial NB ini. Pasalnya diumur yang terbilang masih muda yaitu 13 tahun, dirinya harus menanggung derita trauma seumur hidup akibat ulah bejat teman-temannya sendiri.

2. Empat siswa SMP ini perkosa adik kelasnya

Empat pelajar di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Jawa Barat, diamankan Polsek Cipeundeuy lantaran memperkosa seorang gadis yang bukan lain adik kelas bahkan teman sendiri.

” Mereka adalah, PN (14), RA (14), NS (15) dan AH (16). Keempat bocah bengal itu dilaporkan telah memerkosa C (13) yang tak lain adik kelasnya,” Kata Kapolsek Cipeundeuy Kompol Kusno Diyanto.

3. Tenggak miras, gadis ini diperkosa temannya sendiri

05-14-12.11.35

Usai bergaya tenggak miras, seorang gadis berinisial DOO (15) justru menjadi korban pemerkosaan teman mainnya sendiri yakni Padolani Rahman (22) alias Fadli, saat dirinya tengah mabok.

“Peristiwa yang dialami gadis baru tamat SMP ini, terjadi pada malam minggu lalu (20/6) di sebuah hotel kawasan Gilimanuk, Jembrana, Bali. Saat itu korban bersama temannya, yakni NV (15) dan pelaku Padolani Rahman (22) alias Fadli tengah melaksanakan pesta miras di Gelung Kori Gilimanuk,” Kata Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Gusti Made Sudarma Putra.

4. Kopi darat, perempuan ini diperkosa teman via FB di kuburan

Seorang pria rela memperkosa wanita yang dikenalnya melalui jejaring sosial Facebook kurun waktu satu tahun lebih lamanya di salah satu kuburan di daerh Palembang. Akibatnya, pria tesebut harus diamankan pihak kepolisian.

“Seorang pria bernama Wahid Ferdiansyah (20) rela memperkosa ABG wanita (15), yang tinggal di Jalan Ratu Sianom, Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Palemban, usai perkenalan dan jalinan asmaranya melalui jejaring sosial facebook kurun waktu satu tahun lamanya,” Kata Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Suryadi.

5. Mabok miras, Arip setubuhi pacar di rumah teman

Usai menenggak minuman keras (Miras) hingga ‘teler’, Arip (22) lakukan pelecehan seksual kepada BA (17) yang bukan lain merupakan pacarnya sendiri, di rumah seorang teman, pada 19 Mei 2015 lalu.

“Akibat teler, pacar pun menjadi pelampiasan nafsu bejat warga Kelurahan Oro Oro Dowo Gang 17, Kecamatan Klojen, Kota Malang itu,” kata Kasubbag Humas Polres Malang Kota, Nunung Anggraeni.

Sumber

  • ^merdeka.com/peristiwa/salah-bergaul-abg-abg-ini-dicabuli-teman-sendiri.html
  • ^Berbagai Sumber
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s