Cintai Pekerjaanmu, Tapi Jangan Cintai Perusahaanmu (Tempat Kamu Bekerja)

“Love your job, but never fall in love with your company because you never know when company stops loving you.” – Narayana Murthy

05-18-06.02.10

Adalah judul pidato yang diambil oleh Narayana Murthy ketika ia memberikan sambutan di salah satu perusahaan besar di India.

Siapakah Narayana Murthy? Ia merupakan salah satu dari 50 orang paling berpengaruh versi majalah bisnis, Asiaweek. Sebagai seorang CEO perusahaan IT, nama Narayana Murthy memang sudah tidak diragukan lagi. Namun, pria kelahiran Kanada, 20 Agustus 1946, ini juga dikenal karena memiliki filosofi yang masuk akal tentang bagaimana seharusnya kita bekerja.

“Cintailah pekerjaanmu, tapi jangan pernah jatuh cinta pada perusahaanmu (tempat kamu bekerja) karena kamu tidak akan pernah tahu kapan perusahaan berhenti mencintaimu,” jelas Narayana Murthy seperti dilansir dari Citehr.com.

Dalam pidatonya tersebut, Narayana juga menggambarkan bagaimana cara bekerja para karyawan di sebuah perusahaan yang menurutnya “luar biasa”.

“Saya sering bertemu dengan orang-orang yang bekerja selama 12 jam sehari, enam hari seminggu, atau bahkan mereka bekerja full time. Beberapa orang mungkin melakukannya karena sudah dikejar deadline, tapi banyak juga yang melakukannya karena untuk memenuhi target yang telah ditetapkan,” ujar pendiri perusahaan IT, Infosys, ini.

Mengagumkan memang apa yang diucapkan oleh Narayana, namun apakah semua yang dilakukan itu benar? Dengan tegas, Narayana menjawab, “Tidak, itu sama sekali tidak benar. Pasalnya, apa pun alasan seseorang lembur, itu akan sangat mempengaruhi kehidupannya dan orang-orang yang ada di dalam lingkungannya.”

Narayana menjelaskan bahwa orang yang sering kali lembur biasanya lupa dengan kesehatan tubuhnya sendiri. Alhasil, ia akan sering kelelahan. Dan apabila seseorang itu sudah merasa kelelahan, ia berpotensi besar melakukan kesalahan.

Anehnya, banyak perusahaan yang memang menerapkan waktu kerja yang sangat ketat sehingga masing-masing karyawan, mau tidak mau, menuntut dirinya sendiri untuk bekerja dengan waktu yang lebih lama.

Biasanya, para karyawan yang bekerja dalam perusahaan yang seperti itu kurang bisa bergaul, dan karena tuntutan pekerjaan, ia juga akan lebih sering terkena stres.

Seimbang dalam Kerja dan Hidup

Apa yang diungkapkan oleh Narayana Murthy pernah disampaikan oleh Dr Avul Pakir Jainulabdeen Abdul Kalam, mantan presiden India, yang juga dikenal sebagai ilmuwan dan insinyur terkemuka di India. Abdul Kalam selalu berpesan kepada bawahannya bahwa hidup mereka tak hanya untuk bekerja, tapi juga untuk menjalin hubungan dengan orang lain.

Mungkin kita harus benar-benar merenungi kalimat ini:

“Love your job, but never fall in love with your company because you never know when the company stops loving you.”

Baik Narayana Murthy maupun Dr APJ Abdul Kalam tidak menyarankan Anda untuk tidak loyal terhadap perusahaan tempat Anda bekerja, tapi yang harus Anda sadari betul adalah Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi nanti.

Bisa jadi Anda yang sudah bekerja mati-matian tanpa mengenal waktu dan tak memedulikan kesehatan sendiri malah terkena PHK akibat perusahaan mengalami kebangkrutan. Yup, anything is possible!

Maka, Narayana Murthy dan Dr APJ Abdul Kalam lebih menekankan agar Anda mencintai pekerjaan Anda sendiri, bukan perusahaan Anda. Rasa cinta Anda pada apa yang Anda kerjakan atau profesi yang sedang Anda jalani saat ini secara tidak langsung akan mendorong Anda untuk berusaha memberikan hasil yang maksimal dan memberikan kontribusi yang baik untuk tempat Anda bekerja.

Logikanya, perusahaan Anda tentu saja akan memberikan bonus yang besar, baik berupa kenaikan gaji maupun jabatan, apabila Anda dinilai telah memberikan value kepada perusahaan. Ima/R-5

7 (Tujuh) Prinsip Kerja Dr APJ Abdul Kalam

  1. Bekerja adalah sebuah proses yang tidak akan pernah selesai, Anda juga tidak akan pernah bisa menyelesaikannya.
  2. Menyenangkan hati klien tidak lebih penting daripada keluarga Anda sendiri.
  3. Jika Anda terjatuh, orang yang akan terus setia bersama Anda adalah keluarga Anda, bukan klien atau bos Anda.
  4. Hidup itu bukan berarti hanya pergi ke kantor, pulang ke rumah dan tidur—arti kehidupan lebih dari itu. Anda harus bersosialisasi dengan orang lain dan mesti menyisihkan waktu untuk bersenang-senang.
  5. Seseorang yang duduk di kantor sampai larut malam bukanlah seorang pekerja keras, tapi ia adalah orang bodoh yang tidak tahu bagaimana menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline. Selain itu, ia adalah seorang pecundang yang tidak memiliki kehidupan pribadi ataupun sosial.
  6. Anda tidak belajar untuk menjadi mesin dan kehilangan arti hidup yang sebenarnya.
  7. Bila bos Anda memaksa Anda untuk lembur dan ia melakukan hal yang sama, he will try to make his life meaningless too.

Tips Menjalani Hidup Seimbang dari Narayana Murthy

  1. Bangun pagi, sarapan dengan menu yang baik, lalu berangkat bekerja.
  2. Bekerjalah dengan keras dan pintar selama delapan atau sembilan jam sehari.
  3. Pulanglah ke rumah.
  4. Membaca buku atau komik, menonton film yang lucu, kumpul-kumpul dengan rekan, dan luangkan waktu bermain dengan anak-anak.
  5. Makan makanan yang sehat dan tidur yang cukup.

Sumber

  • ^kaskus.co.id/thread/541f946c1cbfaa0f528b456c/cintailah-pekerjaanmu-tapi-jangan-pernah-jatuh-cinta-kepada-perusahaanmu/
Iklan

One response »

  1. cara membuat pbn berkata:

    I want to read even more issues about

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s