10 Bahasa Paling Banyak Dipakai Di Dunia

Kalau Anda ditanya bahasa apa yang paling banyak dipakai umat manusia di muka bumi ini, mungkin sebagian dari Anda akan menjawab dengan bahasa Inggris. Ternyata jawaban tersebut keliru, karena:

#1. BAHASA MANDARIN

Bahasa yang terbanyak dipakai adalah bahasa Mandarin. Kenyataan ini janganlah mengecoh Anda untuk menyimpulkan bahwa mempelajari bahasa Mandarin itu mudah, karena untuk pelafalan sebuah kata Mandarin bisa mempunyai empat macam intonasi dengan empat makna yang berbeda. Bahasa Mandarin yang mengalahkan bahasa Inggris dengan perbandingan (rasio) 2 : 1 dari survei digunakan oleh lebih dari 1 miliar manusia. Untuk mengatakan hello dalam bahasa Mandarin kita melafalkan : ni hao ( hao dilafalkan dengan tone rendah ditengah dan tone yang meninggi pada akhir suku kata ini).

#2. BAHASA INGGRIS

Bahasa nomor dua terbanyak diucapkan manusia adalah bahasa Inggris. Dia juga merupakan bahasa resmi (official language) yang dipakai di banyak negara di dunia. Tercatat New Zealand, Amerika Serikat, Australia, England, Zimbabwe, negara-negara Karibia, Hong Kong, Afrika Selatan, dan Kanada yang memakai bahasa ini. Jumlah pengguna bahasa Inggris adalah 508 juta orang.

#3. BAHASA HINDUSTANI

Bahasa ketiga terbanyak dipakai di dunia adalah bahasa Hindustani. Bahasa yang dipakai di negara India (dengan beragam dialeknya yang sering dinamakan dengan bahasa Hindi) tidak dapat mengungguli bahasa Inggris, karena di daratan India pemakaian bahasa Inggris juga cukup menonjol). Tercatat bahasa Hindustani ini dipakai oleh 497 juta orang. Kalau Anda ingin mengatakan hello dalam bahasa Hindustani ucapkan : namaste.

#4. BAHASA SPANYOL

Bahasa keempat terbanyak digunakan adalah bahasa Spanyol. Di samping dipakai di negara asalnya Spanyol, bahasa ini boleh dikatakan dipakai di seantero negara-negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan termasuk diantaranya negara Kuba. Sejumlah kata Spanyol terserap masuk ke dalam bahasa Inggris seperti tornado, bonanza, patio, enchilada, taco, grande, alligator, barbeque, bonanza, bravo, cafetaria, cargo, coccaine, guerrilla, lasso dan lain-lainnya. Digunakan 392 juta umat manusia. Katakan hola untuk mengungkapkan hello dalam bahasa Spanyol.

#5. BAHASA RUSIA

Bahasa kelima terbanyak adalah bahasa Rusia. Selain dipakai di negara Rusia, bahasa ini juga digunakan di negara Belarus, Georgia, Kyrgyzstan, Kazakhstan, Moldova dan pula di AS oleh imigran dari Rusia. Dia merupakan salah satu dari enam bahasa resmi yang dipakai di PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa). Digunakan oleh 277 juta manusia. Katakan zdravstvuite bila ingin menyapa hello dalam bahasa Rusia.

#6. BAHASA ARAB

Bahasa keenam terbanyak adalah bahasa Arab yang merupakan salah satu bahasa tertua di dunia. Digunakan di kawasan negara-negara Timur Tengah diantaranya Saudi Arabia, Kuwait, Irak, Syria, Jordania, Libanon, dan Mesir. Disamping itu, mengingat kitab suci Al Quran tertulis dalam bahasa Arab, berjuta orang di negara lainnya juga menggunakan bahasa ini. Pada tahun 1974 bahasa Arab ditetapkan sebagai bahasa resmi keenam di Perserikatan Bangsa-bangsa. Digunakan oleh 246 juta manusia di dunia. Untuk menyatakan hello ucapkanlah : Assalamu’alaikum.

#7. BAHASA BENGALI

Bahasa ketujuh terbanyak adalah bahasa Bengali. Bahasa yang digunakan di negara Bangladesh dan wilayah tertentu di India, komunitas di Asia Selatan seperti Burma (suku Rohingya) sedang diperjuangkan untuk menjadi bahasa resmi ke tujuh di PBB. Digunakan kurang lebih 230 juta umat manusia. Bila mau mengatakan hello kita ucapkan : acay.

#8. BAHASA PORTUGIS

Bahasa kedelapan terbanyak adalah bahasa Portugis (yang mungkin merupakan kejutan bagi Anda). Ini berkat kegigihan pengelana hebat seperti Vasco da Gama yang menjelajah tujuh samudera untuk mencari daerah jajahan semenjak abad ke 12. Selain di negara Portugis, bahasa ini dipakai di negara Brazilia, Macau, Angola, Venezuela, Mozambik dan Timor Timur. Pemakai bahasa ini tercatat sebanyak 191 juta jiwa. Untuk menyapa hello katakan dengan : Bom dia.

#9. BAHASA INDONESIA

Bahasa kesembilan terbanyak dipakai di dunia adalah bahasa Indonesia! Bahasa yang bersumber dari bahasa melayu ini terbanyak dipakai di Indonesia, Malaysia dan Brunei. Ini tidak mengherankan karena Indonesia merupakan negara dengan populasi terbanyak keempat di dunia. Jumlah pemakai bahasa Indonesia tercatat 159 juta jiwa. Katakan apa kabar untuk menyatakan hello.

#10. BAHASA PERANCIS

Bahasa kesepuluh terbanyak dipakai adalah bahasa Perancis. Bahasa yang dinobatkan sebagai bahasa yang amat romantis ini selain dipakai di negara asalnya, juga digunakan di Belgia, Kanada, negara-negara Afrika seperti Rwanda, Kamerun, Guinea, Pantai Gading, Kongo, Niger, juga Haiti, Togo, Vanuatu dan banyak lainnya. Dari penelitian 30 persen bahasa Inggris merupakan serapan dari bahasa Perancis. Kosakata Inggris yang diserap dari bahasa Perancis antara lain carrot, lemon, apricot, saxophone, silhouette, aisle, cream, caramel, croissant dan banyak lainnya. Jumlah pemakai bahasa ini 129 juta. Katakan bonjour untuk menyapa seseorang dalam bahasa Perancis.

Sumber

  • ^kompasiana.com/gustaafkusno/sepuluh-bahasa-terbanyak-dipakai-di-dunia_550abf13a333119d712e3aa6
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s