Penelitian mutakhir Nielsen di 16 negara menemukan, kesejahteraan karyawan menjadi faktor penting pembentuk reputasi perusahaan. Makin sejahtera, karyawanpun makin membanggakannya.

image

Apa yang bisa dibanggakan dari tempat kerjamu? Ketika ada anggapan, bahwa manajemen yang efektif, produk berkualitas, dan tanggung jawab sosial yang tinggi memengaruhi, belum tentu! Karena, ada faktor yang tak kalah pentingnya, kesejahteraan karyawannya.

Sudah bukan rahasia, perusahaan yang mampu menyejahterakan karyawannya lebih diminati daripada perusahaan lainnya. Benarkah? Lembaga riset terkemuka, Nielsen berupaya membuktikannya.

Nielsen menanyai golongan masyarakat yang disebutnya “Future Talent”, mereka ini mirip dengan istilah Milenial, mereka yang sebentar lagi lulus kuliah, atau para profesional muda. Para Future Talent diteliti dalam rangkaian Global Reputation Study, 2015 lembaga itu.

Dari Nielsen Newswire yang diterima, meskipun responden memberikan data berbeda dari negara ke negara, sekitar 85% di 15 negara mengatakan perlakuan dan kesejahteraan karyawan lebih penting dari faktor lainnya, ketika harus memilih mau bekerja di perusahaan mana. Faktor kesejahteraan ini mengalahkan faktor lainnya yang ditanya Nielsen seperti lokasi kantor, keseimbangan jam kerja dan istirahat, dan tanggung jawab pekerjaannya.

Dari penelitian ini, terlihat faktor manusia sangat memegang peranan penting dalam membentuk reputasi perusahaan.
Kesejahteraan karyawan dinilai akan menigkatkan produktifitas karyawan. Seiring, bertumbuhnya inovasi. Meski begitu, sembarangan memilih karyawan bisa menjadi petaka. Perusahaan bisa saja menawarkan gaji besar namun harus lebih selektif dalam memilih karyawan.

Dalam pada itu, pasar tenaga kerja pun menjadi lebih kompetitif. Menurut Nielsen, terjadi permintaan atas sumber daya manusia berkualitas tinggi di pasar. Dan, di era pasar bebas seperti sekarang, perusahaan bisa saja mengambil karyawan dari negara lain, asal ia berkualitas.

Nah, di lain pihak, pasar bebas juga memengaruhi keyakinan tenaga kerja. Ketika ditanyakan soal keyakinannya untuk bersaing dengan tenaga kerja asing, hanya 41% Future Talent dari 16 negara mengatakan mereka yakin atau cukup yakin. Untuk agak menjelaskannya, Future Talent yang percaya diri mencapai 55% di Amerika Serikat (AS), Mexico (50%), China (57%) dan India (60%).

Sejahtera juga Bertanggung Jawab Sosial
Para Future Talent ini juga menginginkan perusahaan tempatnya bekerja adalah yang bertanggung jawab secara sosial. Mereka juga ingin secara pribadi membantu perusahaan mereka mewujudkan itu. Sekitar 86% Future Talent dari 15 negara mengatakan itu.

Nielsen menyimpulkan, dalam upaya manajemen reputasi perusahaan, faktor kesejahteraan menjadi penting kali ini. Ini, antara lain diimbangi dengan makin kompetitifnya pasar tenaga kerja.

image

Laporan ini berasal dari studi yang dilakukan antara 1 – 24 September 2015 dengan 4.005 responden di 16 negara.

Sumber

  • ^http://mysharing.co/banggakah-anda-bekerja-di-perusahaan-anda-saat-ini/
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s