Sebelumnya: Skandal Pajak Panama Papers

  • Pemilik grup Lippo, James Riady

Tercatat sebagai pemegang saham di sebuah perusahaan bernama Golden Walk Enterprise Ltd. Perusahaan itu didirikan dengan bantuan Mossack Fonseca di British Virgin Islands pada 2011. Putranya, John Riady, juga tercatat sebagai pemilik Phoenix Pacific Enterprise Ltd di BVI. Ketika dimintai konfirmasi, salah seorang keluarga Riady memberikan keterangan off the record.

  • Direktur PT Indofood Sukses Makmur, Franciscus Welirang.

Dia tercatat sebagai pemegang saham perusahaan offshore bernama Azzorine Limited. Nama Fransiscus tak langsung tercatat sebagai klien Mossack Fonseca. Dia terafiliasi lewat BOS Trust Company (Jersey) Ltd, yang menjadi klien sejak 2013.

Franciscus awalnya mengaku tak tahu ihwal informasi itu. “Azzorine? Saya enggak tahu,” kata Franciscus ketika ditanya soal ini, kemarin. Meski begitu, dia berjanji akan mengecek keterkaitan perusahaan itu dengan dirinya.

Belakangan, setelah memeriksa dokumentasinya, Fransiscus membenarkan. “Iya benar, itu memang perusahaan saya,” katanya. Dia menegaskan bahwa Azzorine adalah perusahaan tanpa investasi, yang disebutnya “perusahaan satu dolar”. Dia juga memastikan bahwa dia taat membayar pajak di Indonesia.

  • Fifi Lety Indra (Adik Ahok)

Panama Papers (ist) — Intelijen.Co

Panama Papers (ist) — Intelijen.Co

Nama adik Gubernur DKI Jakarta, Ahok ternyata ada dalam skandal The Panama Papers. Melalui penelusuran TeropongSenayan.com, nama Fifi Lety Indra masuk dalam daftar klien firma hukum Mossack Fonseca di Panama.

Dalam situs Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ), nama Fifi Lety Indra & Partners tercantum jelas dalam kolom Officer & Master Client. Dugaan ini semakin diperkuat ketika, TeropongSenayan menyocokan alamat kantor Fifi yang berada di beberapa situs terkait profil Fifi.

Dalam penelusuran kami, kantor Fifi Lety Indra & Partner bertempat di Jalan Bendungan Hilir IV No. 15, Jakarta Pusat.

Masih Bingung Memahami Skandal Panama Papers?

Cara memahaminya lewat komik “Celengan Babi” seperti dibawah ini:

Komik tentang kebocoran celengan Panama Papers. Tempo.Co via Vox.Com

Komik tentang kebocoran celengan Panama Papers. Tempo.Co via Vox.Com

Mungkin hingga hari ini sebagian khalayak masih bingung memahami skandal Panama Papers, megadata rahasia dari dokumen 2,6 terabita yang mengungkap jaringan korupsi global dan pengemplang pajak. German Lopez, jurnalis dari jaringan media digital Vox.com, punya cara sederhana menjelaskannya lewat bantuan komik redditor DanGliesack.

Lopez mengilustrasikannya dengan celengan babi untuk membantu menjelaskan inti dari skandal yang terjadi di Panama: orang-orang asing menyiapkan perusahaan cangkang atau shell companies untuk menyembunyikan aset dengan menyamarkan identitas aslinya. Analogi untuk menerangkan skandal Panama Papers yang menggemparkan itu, kata Lopez, paling cocok lewat komik.


Begini. Misalkan saja kamu wajib menabungkan seperempat dari uang jajan yang kemudian bagian itu disimpan pada celengan babi di dalam lemari.

download-1

Namun ibumu selalu memeriksa seberapa besar duit yang kamu tabungkan dan mengambilnya lagi.Sikap ibumu yang cenderung kepoakhirnya bikin kamu bete....

downlorad-2

Jadi, muncullah ide--yang bisa jadi menurut kamu itu amazing--dengan membeli celengan babi tambahan secara sembunyi-sembunyi.

downloyad-2

...dan membawanya ke rumah si Joni.

downloady-2

Ibu si Joni tipe wanita supersibuk. Dia tak sempat memeriksa dengan teliti celengan-celengan babi yang dimiliki Joni. Sehingga kamu tetap bisa menyimpan rapat-rapat rahasiamu tanpa seorang pun yang tahu.

dowyynload-2

Menariknya, anak-anak di tetangga sebelah juga punya ide serupa.

adownload-2

Walhasil, mereka pun ikut menitipkan celengan-celengan babi di lemari Joni

downloadti-2

Namun, suatu ketika ibu Joni yang supersibuk menemukan celengan-celengan babi itu.

rrdownload-2

Sang ibu menjadi murka. Ia menelepon semua orang tua dan memberitahukan bahwa anak-anak mereka menyembunyikan uang mereka.

downloadyt-2

Itulah prinsip dasar dari dokumen rahasia itu: mengungkap modus orang-orang penting dan berkuasa yang menyimpan celengan babi mereka di rumah Joni di Panama!

downlotttad-2

Ya, mungkin saja tak semua orang penting itu bermaksud jahat. Umpamanya, mereka cuma butuh kenyamanan dari pelototan dan ke-kepo-an ibu mereka.

Nah, persoalannya tetanggamu, si Michael, ternyata mencuri dari dompet ibunya dan menyimpan uangnya di lemari Joni. Yakub juga menilep uang makan siang teman-temannya. Ia emoh ibunya mencercar dengan pertanyaan seputar sumber uang tu.

Lambat laun kita akan mengetahui alasan persis mereka menyimpan uang-uangnya di rumah Joni. Apakah memang hanya pengin kenyamanan atau ada niat jahat.

downloyytad-2

Namun, apa pun alasannya siapa saja yang menyembunyikan uang di rumah Joni tetap terbelit masalah. Sebabnya, merahasiakan celengan babi tambahan dalam aturan di sebagian keluarga adalah perbuatan keliru.

downloapld-2

Kini para jurnalis tengah menganalisis dan menggali data itu untuk memahami jenis aktivitas yang tengah terjadi di rumah Joni: apakah itu perbuatan resmi, dan sah secara hukum.

Tempo (diwakili jurnalis Wahyu Dyatmika) adalah satu-satunya media di Indonesia dalam kolaborasi lintas negara yang mengungkap skandal Panama Papers. Sejak setahun lalu, 370 jurnalis dari 76 negara, yang tergabung dalam organisasi The International Consortium of Investigative Journalists, menelisik 11,5 juta data di dokumen itu. Dokumen ini pertama kali didapat sebuah koran dari Jerman, Sddeutsche Zeitung.

Selain mencantumkan nama-nama pengusaha, politikus, dan individu asal Indonesia, dokumen finansial itu memuat sejumlah kepala negara (mantan dan yang masih menjabat), pebisnis internasional, dan tokoh dunia. Mereka masuk dalam daftar itu karena pernah menyewa Mossack Fonseca untuk mendirikan perusahaan di yuridiksi bebas pajak di luar negeri (offshore).

Referensi

Iklan

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s