Sekte-Sekte Agama Yang Berbahaya

06-22-07.27.57

Semoga Allah SWT melindungi kita semua dari aliran-aliran yang tak bermoral dan aneh bin gila. Aliran tersebut sangat kita yakini, dibuat oleh manusia-manusia bermental yang terus menyebar ke seluruh penjuru dunia, menyebar kerusakan karena memang mereka bukan lagi sebagai manusia. Jangan sampai terhipnotis oleh ajakan dan publikasi lewat sel-sel mereka yang menempuh berbagai cara agar manusia semua mengikuti jejak mereka di muka bumi ini. Mari kita kutuk mereka agar segera binasa di muka bumi ini.

Sekte sesat bermunculan di muka bumi namun beberapa mereka terungkap dan ada pula yang sudah tamat namun para pengikutnya masih berkeliaran di tengah masyarakat.

Sekte-Sekte Sesat di Luar Negeri

1. Golden Dawn

Screenshot_2016-06-22-19-30-26_1

Sekte Golden Dawn muncul di akhir 1888-an. Awalnya dikenal sebagai organisasi yang mengembangkan ajaran metafisika serta melakukan pelbagai aktivitas paranormal. Golden Dawn pertama kali berdiri di Inggris Raya dan menjadi sekte dengan pengaruh paling besar di sana.

Tiga pendirinya yakni William Robert Woodman, William Wynn Westcott, dan Samuel Liddell MacGregor Mathers merupakan seorang penganut Freemasons mengembangkan ajaran menjadi lelaki hebat, kuat, cerdas, serta memiliki daya pikat. Mereka memiliki cara menularkan ilmu pada anggota baru yakni lewat hubungan seksual baik pada lelaki maupun perempuan.

Ini diikuti oleh seluruh anggotanya. Mereka merekrut orang baru lewat seks dan sebulan sekali mengadakan pertemuan akbar diakhiri dengan pesta seks ramai-ramai. Sekte ini sudah bubar secara resmi pada 1970, namun masih ada yang mempraktikkannya terutama ilmu-ilmu sihir diajarkan oleh Golden Dawn.

2. Children of God (Family of Love)

Screenshot_2016-06-22-19-32-07_1

Children of God (kini Family of Love) sebuah sekte berkembang awal pada 1968 dan dibangun oleh akademis bernama David Berg, Benjamin Beit Hallahmi, dan John Huxley. Mereka memulai penasbihan anggota baru di Pantai Huntington, Negara Bagian California, Amerika Serikat. Pengikutnya banyak dari gerakan hippie atau penganut hidup tanpa aturan.

Mereka melakukan ajaran diambil dari Kristen Evangelista. Salah satu ritualnya yakni Flirty Fishing demi menggaet anggota baru. Pemimpin mereka juga mengajarkan melakukan aktivitas seksual untuk menunjukkan cinta Tuhan. Menurut statistik ajaran ini sudah memiliki sekitar 10 ribu pengikut seantero jagat.

Jaksa Agung Ismail Saleh melarang sekte Children of God (COG) di Indonesia dengan dikeluarkannya surat edaran tanggal 13 Maret 1984 no. F/26/930/84. Sekte yang berasal dari Amerika ini, menurut banyak kabar saat itu, membolehkan hubungan seksual di antara anggota tanpa memandang ikatan. Jika benar, itu adalah hal yang menyimpang dari ajaran gereja manapun.

The Children of God (COG) dimulai pada 1968 di Huntington Beach, California, Amerika Serikat. Kelompok ini adalah bagian dari Jesus Movement (Gerakan Yesus) pada akhir tahun 1960-an. Sebagian besar anggotanya berasal dari gerakan hippie. Gerakan ini adalah salah satu dari banyak gerakan lainnya yang membangkitkan kontroversi sekte pada tahun 1970-an dan 1980-an di Amerika Serikat dan Eropa dan memicu kelompok anti-sekte terorganisasi pertama (freecog).

Pada awal 80-an di Amerika, David Berg, si pendiri sekte di Melrose, Oakland, California, menggerakkan program Keluarga Kasih untuk menambah anggota yang saat itu sudah 10.000-an. Salah satu cara adalah mendorong para wanita anggota sekte untuk menggunakan seks dalam menjaring warga baru. Program ini disebut juga Flirty Fishing.

Jaksa Agung pernah melarang barang2 cetakan COG. Bahkan Dirjen Bimas Protestan menghimbau pimpinan gereja agar meningkatkan pembinaan warga jemaatnya melalui surat edaran Jaksa Agung RI tanggal 13 Maret 1984 no. F/26/930/84.

Karena ajaran2nya menjurus dan berbau asusila (seks), maka ajarannya cepat menarik para remaja serta anak muda di Indonesia. Dalam waktu yang relatif singkat anggota mereka bertambah banyak. Di Jakarta saja katanya sudah mencapai 5000 orang. Bahkan kota Purwokerto dipastikan terdapat 200 anggota COG.

COG cepat merebak di Indonesia karena kegiatannya meliputi banyak bidang. Antara lain: Bidang Literatur, Musik, Drama, Audio Visual, Kursus Bahasa, dll. Salah satu doktrin/ajaran sesat mereka ialah bahwa Yesus adalah hasil hubungan intim antara Allah dan Maria. Sejak sekte ini di larang keras, berbagai Sekte ajaran sesat lainya malah semakin marak bermunculan sebut saja “Satria Piningit” di Jakarta, “Friday Majalengka”, “Hakekok” di Banten.

Jika anda menelusuri tentang Sekte ini, maka anda akan menemukan Nama “Familly of Love” dan juga nama “International Familly” kedua nama ini di curigai sebagai COG sendiri yang sudah berganti nama.

Nama sekte ini mencuat kembali ketika seorang pengikutnya yang bertobat, kembali mengungkit nama COG saat memberikan kesaksian di suatu tempat Ibadah. selain itu pada tahun 2009 seorang Miss Indonesia bernama Karenina Sunny Halim tersangkut berita miring dengan sekte ini.

Miss Indonesia 2009 Karenina Sunny Halim yang tengah mengikuti ajang Miss World di Afrika Selatan terkena gosip miring. Karenina diduga terlibat sebuah sekte sesat. Adalah sebuah media di Afrika Selatan bernama Mail & Guardian yang melempar gosip tersebut. ‘Miss Indonesia’s links to religious cult,’ begitu judul berita Mail & Guardian.

06-22-07.41.52
Dugaan Mail & Guardian itu muncul gara-gara pernyataan Karenina di sebuah majalah terbitan Jakarta. Dalam majalah itu Karenina menyebutkan kalau dirinya adalah anggota dari The Family International. Dikutip dari Mail Guardian, Jumat (11/12) The Family International merupakan bentuk modern dari The Children of God, sebuah kelompok sesat Kristen yang didirikan pada 1968.

Sekte tersebut pernah dilarang karena atas kejahatan seks yang dilakukan. Kejahatan itu di antaranya, prostitusi, pelecehan seks pada anak dan penculikan. Kejahatan tersebut terjadi di Argentina, Prancis dan Spanyol. Pada 1990, dilakukan penyelidikan pada The Children of God.

Sebagaimana diketahui, The Children of God (COG) dimulai pada 1968 di Huntington Beach, California, Amerika Serikat. Kelompok ini adalah bagian dari Jesus Movement (Gerakan Yesus) pada akhir tahun 1960-an. Sebagian besar anggotanya berasal dari gerakan hippie. Gerakan ini adalah salah satu dari banyak gerakan lainnya yang membangkitkan kontroversi sekte pada tahun 1970-an dan 1980-an di Amerika Serikat dan Eropa dan memicu kelompok anti-sekte terorganisasi pertama (freecog).

Tuduhan terhadap perempuan berdarah Amerika kelahiran Jakarta 13 Juni 1986 ini tak bisa dikonfirmasi media karena keikutsertaannya mengikuti rangkaian kegiatan Miss World. “

Sejak sekte ini di larang keras, berbagai Sekte ajaran sesat lainya malah semakin marak bermunculan sebut saja “Satria Piningit” di Jakarta, “Friday Majalengka”, “Hakekok” di banten, dll
 
Jika anda menelusuri tentang Sekte ini, maka anda akan menemukan Nama “Familly of Love” dan juga nama “International Familly”. Kedua nama ini di curigai sebagai COG sendiri yang sudah berganti nama.

3. Defenders of Christ

Screenshot_2016-06-22-19-47-37_1

Pembela Kristus (Defenders of Christ) merupakan sekte sesat di Meksiko berbatasan dengan Amerika Serikat. Mereka melakukan perbudakan seks pada para pengikutnya dan banyak merekrut perempuan.

Pemimpinnya mengaku sebagai reinkarnasi Yesus. Tugas utama para pengikutnya yakni melayani hasrat seksual sang pemimpin lalu melakukan kegiatan prostitusi demi menjaring anggota baru. Sekte ini dibubarkan tahun lalu oleh kepolisian Meksiko dan pemimpinnya ditangkap.

4. Ordo Templi Orientis

Screenshot_2016-06-22-19-33-32_1

Satu lagi sekte sesat pemuja setan yang melakukan ritual seks bebas dipimpin oleh seorang warga wilayah Wales, Inggris bernama Colin Batley. Hal ini diungkap oleh salah satu korbannya bernama Annabelle Forest.

Sejak berusia tujuh tahun Annabelle diperkosa oleh Batley dan sudah melayani 1.800 lelaki demi membiayai aliran sesat itu. Sekte ini saban Ahad malam juga menyelenggarakan ritual pemerkosaan anak di bawah umur oleh pengikutnya demi menunjukkan bakti mereka pada Tuhan.

5. The Ku Klux Klan (KKK)

Screenshot_2016-06-22-20-50-54_1

The Ku Klux Klan (KKK) adalah sebuah sekte dari ektremis Kristen yang ada di Eropa. Awalnya mereka hanyalah warga sipil biasa. Namun setelah adanya perang sipil, kelompok ini membentuk sebuah kepercayaan baru dengan pengikut mencapai 4 juta orang. Bahkan ada yang bilang lebih dari itu karena banyak member yang memilih menyembunyikan identitasnya.

Kelompok ini menekan semua orang yang tak sesuai dengan keinginannya. Mereka akan menculik, hingga membunuh tanpa belas kasihan. Biasanya KKK akan mengejar orang kulit hitam, Yahudi, pemuka Katolik dan orang penting dari golongan minoritas. KKK dikenal dengan jubah putih lebar dan topeng kerucut yang hanya menyisakan lubang di mata.

6. Aum Shinrikyo

Pendiri Aum Shinrikyo.

Pendiri Aum Shinrikyo.

Aum Shinrikyo adalah sebuah sekte agama yang ada di Jepang. Awalnya sekte ini adalah sekelompok orang yang melakukan meditasi dan yoga. Namun lambat laun berubah menjadi agama dan dipimpin oleh Shoko Asahara. Aum Shinrikyo dikenal sebagai sekte yang menginginkan sebuah kiamat bagi para manusia di dunia.

Mereka menganggap jika mempercepat kematian manusia sama halnya mengantarkan mereka menuju surga. Itulah mengapa mereka suka sekali membuat kekacauan seperti pengeboman, menggunakan gas beracun hingga menculik, dan merampok. Saat ini Aum Shinrikyo menjadi buruan Pemerintah Jepang karena dianggap sangat menyesatkan dan berbahaya.

7. Order of the Solar Temple

Screenshot_2016-06-22-20-55-53_1

Order of the Solar Temple adalah sebuah sekte  mengerikan yang menyebar di Eropa dan Amerika. Sekte agama ini didirikan oleh seorang bernama Josep Di Mambro dan Luc Jouret di tahun 1984. Awalnya sekte ini menjalankan agamanya dengan diam-diam. Namun akhirnya pada tahun 1994 mereka melakukan pembunuhan pada seorang bayi hanya karena dianggap sebagai titisan anti-kris.

Selanjutnya banyak sekali anggota dari kelompok ini melakukan bunuh diri dadakan di seluruh dunia. Mereka menganggap jika bunuh diri adalah sebuah ritual agar bisa segera masuk surga. Terakhir ada 100 anggota sekte yang ditemukan meninggal akibat ditembak, diracun, dan dibakar oleh ketuanya sendiri.

8. Branch Davidians

Screenshot_2016-06-22-20-58-06_1

Branch Davidians adalah sebuah sekte agama sesat yang ada di Amerika. Sekte ini percaya jika mereka ditugaskan untuk menjemput sebuah kiamat. Akhirnya mereka banyak sekali melakukan kekacauan seperti pembakaran, pengeboman, hingga aksi kriminal lain seperti melakukan kekerasan seksual terhadap wanita dan juga anak-anak.

Kelompok ini akhirnya menjadi buruan banyak sekali polisi di Amerika. Mereka dituduh menyebarkan ajaran sesat, kebencian, dan propaganda lainnya. Bahkan mereka juga melakukan pencucian otak. Branch Davidians akhirnya selesai setelah mereka semua diduga melakukan bunuh diri massal dengan meledakkan sebuah bangunan. Pada kasus ini setidaknya 76 orang tewas karena terpanggang api yang panas.

9. The People’s Temple

Screenshot_2016-06-22-20-59-44_1

Sekte bernama The People’s Temple ini didirikan pertama kali oleh seorang komunis bernama Jim Jones. Ia mengajarkan kepada para pengikutnya untuk melakukan hal baik dalam hidup. Bahkan mereka menyebarkan propaganda kebencian kepada Amerika, negara tempat mereka tinggal. Saat Jones mengalami kasus kekerasan dan asusila, ia memilih pindah ke Guyana dan menetap di sana.

Lambat laun misi dari sekte ini jadi berubah. Bahkan mereka berkeinginan untuk membunuh banyak sekali petinggi Amerika. Mereka juga benci karena negeri ini mengembangkan senjata nuklir yang berbahaya. Oh ya, sekte ini akhirnya melakukan bunuh diri massal dengan meminum sebuah cairan beracun. Setidaknya 900 anggota sekte meninggal dunia.

10. Heaven’s Gate

Pendiri Heaven’s Gate

Pendiri Heaven’s Gate

Sekte agama bernama Heaven’s Gate percaya jika manusia baru akan masuk surga jika mampu meninggalkan bumi sebelum kiamat. Dengan meninggalkan bumi maka mereka akan segera mendapatkan pencerahan dari Tuhan yang diyakini.

Sayangnya untuk meninggalkan bumi bukanlah perkara yang sangat mudah. Akhirnya mereka memutuskan untuk meninggalkan bumi dengan cara yang sangat cepat dan murah: bunuh diri. Pada tahun 1997 setidaknya 38 anggota sekte meninggal dunia secara bersama-sama atas perintah sang ketua sekte.

Sekte-Sekte Sesat di Indonesia

Screenshot_2016-06-22-21-23-15_1

1. Titisan Syekh Malik

Sekte ini berada di Majalengka dengan pemimpin bernama Ben yang mengaku merupakan titisan Syekh Malik. Ajaran Ben yang secara Islam dianggap sesat lantaran tidak melaksanakan sholat. Mereka cukup melaksanakan ritual di masjid pada sebuah tiang yang dibalut kain putih.

Menurut penuturan warga Kecamatan Kasokandel, Majalengka ajaran lain yang diajarkan oleh Ben adalah memperbolehkan anggotanya menikahi wanita yang telah memiliki suami. Selain itu banyak ritual sesat yang dilakukan oleh pengikutnya. Keberadaan Ben saat dimintai oleh kepolisian dan ketua MUI setempat tak bisa dilacak dan tidak ada yang tahu kemana dia pergi.

2. Satria Piningit Weteng Buwono

Screenshot_2016-06-22-21-10-35_1

Foto si Penyebar sekte

Adalah Agus Imam Solihin pendiri sekte Satrio Piningit Weteng Buwono. Sekte ini dianggap sesat dan melanggar perintah agama Islam. Agus yang mengaku sebagai Imam Mahdi mengajarkan kepada pengikutnya untuk meninggalkan sholat, puasa dan menjalankan hubungan seksual bersama pasangannya secara bersama-sama dalam satu ruangan.

Sebelumnya Agus mendirikan padepokan di Permunas III Bekasi Timur yang akhirnya diusir oleh warga dan akhirnya pindah ke Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dianggap meresahkan dengan ajarannya yang menyimpang, Agus pun ditangkap, namun sempat melarikan diri. Agus pun menyerahkan diri dan dia diadili dengan hukuman penjara 2 tahun 6 bulan.

3. Hakekok

Sekte Hakekok yang berada di Pandeglang adalah variasi dari tasawuf dengan penyimpangan dalam melakukan ritual. Salah satu yang mencolok dari ajaran ini adalah laki-laki dan wanita yang bukan suami atau istri diizinkan berhubungan intim.

Ditenggarai sudah melanggar agama, maka sekte ini coba dibubarkan oleh Ketua MUI Banten dan aparat kepolisian. Sekte ini berhasil dibubarkan berkat desakan masyarakat yang merasa resah dengan praktek ini.

4. Surga Adn

Tantowi, pendiri sekte "cabul" yang mengaku tuhan.

Tantowi, pendiri sekte “cabul” yang mengaku tuhan.

Penangkapan 9 orang di Cirebon yang diduga penganut ajaran sesat membukakan mata, bahwa banyak sekali ajaran sesat yang ada di Indonesia. Bisa jadi ini salah satu dari ajaran sesat lainnya yang belum terungkap.

Sekte yang bernama Surga Adn ini salah satu ajarannya adalah penyucian dosa bagi para gadis. Prakteknya sungguh tidak dimasuk akal dengan cara melakukan hubungan badan. Selain itu pengikut bisa mengganti sholat 5 waktu dengan membangun rumah layaknya istana sebagai tempat tinggal.

5. Salamullah/Lia Eden

Screenshot_2016-06-22-21-57-20_1

Lia Aminuddin (Lia Eden)

Lia Eden yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini, membuat aliran baru dan mengatasnamakan dirinya sebagai reinkarnasi dari Bunda Maria. Ajaran yang diberi nama Salamullah dibawah kemimpinan Lia Eden mengatakan bahwa semua agama itu benar. Bahkan Lia Eden sering mengakui bertemu dan mendapat wahyu dari Malaikat Jibril. Lia juga mengatakan kalau anaknya Ahmad Mukti adalah reinkarnasi dari Isa. Sejak ajaran ini mulai tersebar, pengikutnya sudah mencapai 100 orang. Diantara pengikutnya ada dari kalangan pakar budaya, golongan cendikiawan, artis musik, dan juga pelajar.

6. Al-Qiyadah Al-Islamiyah

Perlu diketahui, kalau nama Al-Qiyadah Al-Islamiyah sering berganti-ganti nama, Millah Abraham dan kini Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara). Ajaran ini dipimpin oleh Ahmad Musaddeq yang mengaku dirinya adalah sebagai utusan atau nabi. Ketika ada seseorang yang ingin masuk dalam ajarannya, terlebih dahulu harus bersyahadat dengan syahadat menurut mereka sendiri yang dimana mengakui Ahmad Musaddeq sebagai nabi. Bahkan sholat lima waktu yang biasa dilaksanakan oleh umat Islam pada umumnya, itu tidak diwajibkan menurut ajaran mereka.

Sekte-sekte sesat yang tumbuh subur di Indonesia

Pengamat Tindak Pidana Teroris, Al Chaidar, menyebutkan bahwa setidaknya terdapat 13 aliran sesat yang sampai saat ini sudah memasuki dan hidup subur di wilayah Indonesia.

13 aliran itu di antaranya:

  1. Syiah,
  2. Jamaah Ahmadiyah,
  3. Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII),
  4. Agama Salamullah/Lia Eden,
  5. Aliran Kutub Robani,
  6. Kelompok Husnul Huluq,
  7. Jemaat Kristiani Pondok Nabi dan Rasul Dunia,
  8. NII KW IX Pontren Alzaytun Indramayu,
  9. Darul Islam (DI Fillah),
  10. Wahidiyah,
  11. Al Qiyadah Al Islamiyah,
  12. Al – Qur’an Suci, dan
  13. Aliran Hidup di Balik Hidup

Namun, tidak semua aliran tersebut divonis sesat oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). “Ada satu aliran yang tidak divonis sesat, yaitu NII KW IX Pontren Alzaytun Indramayu,” ungkap Chaidar kepada VIVAnews, Kamis 25 September 2014.

Padahal, lanjut Chaidar, secara ajaran Alzaytun sangat jauh melenceng dari ajaran agama Islam. “Makanya, saya juga heran kenapa itu (Alzaytun) tidak divonis sesat. Mungkin, karena punya (campur tangan) pemerintah,” tudingnya.

Lebih jauh, Chaidar menjelaskan, sebagian besar aliran sesat masuk ke Indonesia melalui tiga negara yakni Malaysia, Pakistan, dan Banglades.

“Kalau dari Malaysia itu biasanya lewat Al-Arqam. Pakisan lewat Jamaah Islami, dan Jamaah Tabligh Banglades. Biasanya, mereka mulai menyusupkan ajarannya di tempat-tempat itu,” bebernya.

MUI dalam Musyawarah Nasional VII di Jakarta, 21-29 Juli 2005, merekomendasikan bahwa aliran sesat seperti Ahmadiyah, LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) dan sebagainya agar ditindak tegas dan dibubarkan oleh pemerintah karena sangat meresahkan masyarakat.

Bunyi teks rekomendasi itu sebagai berikut:

“Ajaran Sesat dan Pendangkalan Aqidah.
MUI mendesak Pemerintah untuk bertindak tegas terhadap munculnya berbagai ajaran sesat yang menyimpang dari ajaran Islam, dan membubarkannya, karena sangat meresahkan masyarakat, seperti Ahmadiyah, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), dan sebagainya. MUI supaya melakukan kajian secara kritis terhadap faham Islam Liberal dan sejenisnya, yang berdampak terhadap pendangkalan aqidah, dan segera menetapkan fatwa tentang keberadaan faham tersebut. Kepengurusan MUI hendaknya bersih dari unsur aliran sesat dan faham yang dapat mendangkalkan aqidah. Mendesak kepada pemerintah untuk mengaktifkan Bakor PAKEM dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya baik di tingkat pusat maupun daerah.” (Himpunan Keputusan Musyawarah Nasional VII Majelis Ulama Indonesia, Tahun 2005, halaman 90, Rekomendasi MUI poin 7, Ajaran Sesat dan Pendangkalan Aqidah).

Ada 300-an Aliran Sesat di Indonesia yang Mengancam NKRI

Akhir-akhir ini, aliran sesat di Indonesia kianmarak. Dengan berbagai macam dogmanya, mereka seolah terus berlomba-lomba berburu jamaah sebanyak-banyaknya. Dan tak pelak, umat Islam yang merupakan penduduk mayoritas seringkali menjadi target sasarannya. Ironinya, banyak dari kalangan umat Islam yang terjebak bahkan tertarik untuk mengikutinya.

Apalagi ketika melihat penampilan tokoh pimpinannya layaknya seorang ulama besar,bahkan fasih berbahasa Arab dan hafal ratusan dalil. Seakan umat Islam dengan mudahnya terpukau serta menerima setiap apa saja yang disampaikan, padahal sejatinya sebuah kesesatan.

Lantas, mengapa hal seperti itu bisa terjadi dan apa faktor penyebabnya? Bagaimana cara menghadapinya? Langkah apa yang bisa dilakukan umat Islam supaya tidak mudah terpengaruh?

Wartawan hidayatullah.com berkesempatan mewawancarai secara eksklusif peneliti aliran-aliran sesat di Indonesia, Amin Djamaluddin. Berikut kutipannya.

  • Di Indonesia aliran sesat semakin marak dan tak sedikit umat Islam yang tertarik jadi pengikutnya. Apa penyebabnya?

Umat Islam di Indonesia Islamnya kebanyakan keturunan. Maksudnya, Islamnya hanya karena orang tua atau kakek dan neneknya beragama Islam. Di antara kita (umat Islam) masih banyak yang tidak mau belajar Islam secara sungguh-sungguh dan mendalam. Padahal, Islam harus dipelajari supaya mengerti mana yang ajaran Islam dan mana yang bukan, meskipun semua itu butuh proses dan tidak mudah.

Ini faktor penyebabnya:

Pertama, kurangnya pemahaman tentang ajaran Islam itu sendiri sehingga melemahkan aqidah. Karena kejahilan kita terhadap ajaran Islam, ketika datang seseorang apalagi yang berjubah panjang lalu mengajarkan ajaran baru (ternyata sesat), dengan mudahnya kita terkesan bahkan menerima ajaran itu tanpa mempelajarinya terlebih dahulu.

Faktor kedua, ada juga karena masalah ekonomi. Lagi-lagi ini karena ketidakpahaman tentang ajaran Islam sehingga menjadikan akidahnya lemah dan mudah goyah. Biasanya, orang-orang seperti ini dijadikan target untuk diajak bergabug menjadi pengikut atau jamaah. Ada yang melalui modus memberi bantuan atau pun pinjaman modal dan lain sebagainya.

  • Sejauh penelitian Anda, berapa banyak aliran sesat di Indonesia?

Menurut Kementerian Agama aliran sesat di Indonesia sekitar 300, sedang yang saya teliti tidak sampai dari 20 aliran. Itu pun yang banyak pengikutnya, sebab saya takmeneliti aliran yang tidakada pengikutnya. InsyaAllah, kalau ada pengikutnya saya upayakan untuk menelitinnya.

Salah satunya seperti yang pernah muncul di Cirebon, yaitu aliran Hidup Dibalik Hidup (HDH). Itu banyak pengikutnya, di mana pimpinannya mengklaim kemudian menyampaikan kepada pengikutnya kalau dia pernah naik ke Sidratul Muntaha ketemu Nabi Muhammad SAW. Dia lalu bertanya, “Wahai Rasul, kenapa kamu tidak pernah menjelaskan hal yang ghaib?” Rasul menjawab, “Karena saya sibuk menghadapi orang-orang kafir dalam peperangan. Maka, kamulah yang harus menjelaskan hal yang ghaib itu kepada umat Islam.”

Akhirnya, dia pun turun lagi ke dunia dan karena merasa mengetahui hal-hal yang ghaib, dia membentuk aliran HDH dengan pengikutnya yang banyak di daerah Cirebon serta Bekasi. Jadi, ini salah satu contoh aliran sesat yang pernah saya teliti.

  • Selain itu?

Ada juga aliran sufi yang berpusat di Amerika yang banyak pengikutnya di Indonesia. Ini kesesatannya lebih sesat dan pengikutnya lebih banyak. Pimpinannya di Indonesia merupakan salah satu petinggi di sebuah partai politik yang pernah sukses mengusung calonnya menjadi presiden.

Selain itu, juga termasuk Syiah, Ahmadiyah, LDII, NII, Isa Bugis, Tuhan Cirebon, Aliran Kesucian, Prabu Kiasantang, Surga Eden (Malaikat Jibril), dan lainnya. Semua aliran sesat ini sudah pernah saya teliti dan saya punya data-datanya.

  • Metode apa yang mereka pakai dalam merekrut jamaah dan menyebarkan ajarannya?

Seperti Isa Bugis, perekrutan jamaah dimulai dengan penyebaran ajaran melalui buku pendidikan agama Islam. Seperti tahun 1990-an, melalui salah satu pengikutnya yang menjadi dosen di IKIP Jakarta, aliran Isa Bugis massif menyebarkan ajaran sesatnya melalui buku-buku pendidikan agama Islam. Secara perlahan, bagi mereka yang mulai tertarik dengan muatan dalam buku tersebut, kemudian diajak untuk bergabung menjadi pengikutnya.

Kalau Gafatar, selain modus kegiatan sosial juga terdapat dua metode perekrutan yaitu melalui bantuan bagi target yang kondisi perekonomiannya kurang, sebagaimana yang dilakukan Ahmadiyah, dan pendekatan personal secara massif.

  • Kesesatan yang paling krusial bahkan mengancam akidah maupun stabilitas NKRI itu seperti apa?

Kesesatan yang mengancam stabilitas negara yaitu dengan menafsirkan al-Qur’an seperti yang dilakukan aliran NII saat menjelaskan ayat tentang Musa yang diperintahkan untuk menyembelih baqaratun shafraaun (sapi emas,red). Ayat ini  ditafsirkan NII menjadi burung garuda (lambang negara Indonesia,red). Selain itu, menafsirkan ayat inna dinna indallahi Islam yang ditafsirkan sesungguhnya negara yang diterima di sisi Allah hanyalah negara Islam.

Kesesatan yang bisa mengancam akidah umat Islam yaitu ajaran yang disebarkan aliran Syiah yang menuhankan Ali dan bahkan shalatnya berbeda dengan Rasulullah Shallallu ‘Alaihi Wassallam. Jadi, masalah Syiah selain akidah yang sesat dan menyesatkan, dari segi politik sangat mengancam stabilitas keutuhan NKRI.Sebab, ketika mereka sudah memiliki power yang kuat,mereka akan melakukan pemberontakan.

  • Langkah apa yang bisa dilakukan untuk mencegah kaum Muslimin terjerumus aliran sesat?

Pertama, umat Islam harus lebih banyak belajar tentang Islam itu sendiri secara menyeluruh dan mendalam, harus mempunyai sikap kritis terhadap segala sesuatu yang belum diketahui, dan tidak bersikap taklid buta terhadap satu guru, ustadz, kiai atau habaib saja.

Kedua, pemerintah harus bersikap tegas dan kalau perlu membentuk regulasi khusus yang melarang aliran-aliran sesat berkembang di Indonesia, dan juga mengaktifkan kembali Badan Koordinasi Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakor Pakem) sehingga bisa lebih optimal dalam menjalankan tugasnya.

Dan inilah Komplotan Tiga Prusak Islam:

Diriwayatkan dari Ziyad bin Hudair, ia berkata: Umar bin al-Khathab pernah berkata kepadaku,

هَلْ تَعْرِفُ مَا يَهْدِمُ الإِسْلاَمَ؟ قَالَ قُلْتُ : لاَ. قَالَ : يَهْدِمُهُ زَلَّةُ الْعَالِمِ وَجِدَالُ الْمُنَافِقِ بِالْكِتَابِ وَحُكْمُ الأَئِمَّةِ الْمُضِلِّينَ

“Tahukah engkau apa yang menghancurkan Islam?” Ia (Ziyad) berkata, aku menjawab, “Tidak tahu.” Umar berkata, “Yang menghancurkan Islam adalah penyimpangan orang berilmu, bantahan orang munafik terhadap Al-Qur’an, dan hukum (keputusan) para pemimpin yang menyesatkan.”(Riwayat Ad-Darimi, dan berkata Syaikh Husain Asad: isnadnya shahih).

Baca juga

Referensi

  • ^atjehpress.com/2014/09/nauzubillah-ternyata-di-dunia-ini-ada-aliran-penganut-seks-bebas/
  • ^sub12.kawunganten.com/2013/05/children-of-god.html?m=1
  • ^koranmakassaronline.com/v2/13-maret-1984-jaksa-agung-ri-melarang-ajaran-children-of-god-di-indonesia/
  • ^boombastis.com/sekte-agama/59486
  • ^sukasaya.com/2015/04/aliran-sesat-di-indonesia.html?m=1
  • ^nahimunkar.com/inilah-13-aliran-sesat-di-indonesia/
  • ^hidayatullah.com/berita/wawancara/read/2016/02/27/90210/300-aliran-sesat-di-indonesia-mengancam-nkri.html#.V2qhbsSlbqB
  • ^nahimunkar.com/komplotan-tiga-prusak-islam/
Iklan

One response »

  1. […] Sekte-Sekte Agama Yang Berbahaya dan Mengancam NKRI […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s