Candi Untoroyono

07-06-10.26.22
Candi Untoroyono terletak di desa Kalangan Pedan Klaten. Tempat ini merupakan sejenis pura. tempat beribadah.
Candi ini dibangun oleh Pandita Mpu NabeReka Darmika Sandhy Yasa. Pada tanggal 19 Desember 2007. Seperti yg tertulis di depan pura.
07-06-10.33.15

Tanah  yang ditempati bangunan Candi tersebut konon, dulunya merupakan sebuah tempat yang masyarakat bilang tanah “Jalmo moro Jalmo mati” yang artinya  tanah itu jangan di anggap enteng masalah  kengkeran dan gawatnya lokasi, jangankan manusia yang berani mencoba mendirikan bangunan rumah disitu, sedangkan hewan yang memakan rerumputan yang tumbuh dilokasi itu katanya, pasti akan mati. Jadi, tanah tersebut benar-benar tidak ada yang berani menjadikan hak milik seseorang.

07-06-10.35.37

Yang menjadi pertanyaan:  Kenapa sekarang sudah berdiri megah sebuah bangunan Candi? Jawabnya terlalu panjang, karena dalam proses pembuatan bangunan nya pun harus melewati beberapa ritual yang memakan waktu cukup lama. Itupun tidak sembarang orang dapat melakukannya, karena munculnya rasa ragu yang dikarenakan takut nanti akan mendapatkan marah dari yang menempati dan yang menguasai lokasi tanah itu. Mati adalah sebuah kata akhir yang diterima oleh siapa yang berani melakukan tirakat di situ. Semua itu akan terjadi secara tidak kasat mata.

Bangunan Candi itu sudah berdiri megah diatas tanah perbatasan antara Desa Kalangan dengan Desa Karang wungu. Tapi tanah dan bangunan Candinya masih masuk hak Desa Kalangan. Cuma bangunan Candi tersebut berdekatan dengan perumahan warga Desa Karang wungu. Jadi, desa Kalangan lah yang berhak memiliki sebuah ASET bertaraf internasional itu. Kenapa begitu? Karena pelopor dan pelaku segalanya terfokus dari luar jawa dan luar negeri.

Lantas siapa saja yang menjadi tokoh dalam kronologis berdirinya sebuah Candi itu?

Yakni: PANDITA EMPU NABE REKA DARMIKA SANDHI YASA dari Griya Kertasari, Banjar Kayumas Kaya, jalan Winda No: 5, Denpasar Bali, merupakan pemrakarsa dalam proses awal hingga akhir pembangunan Candi tersebut, mulai dari razio, tenaga, dan materialnya, Nabe lah yang mengusahakan.

07-06-10.41.07

Lantas apa di lokasi wilayah Desa Kalangan tidak ada orang yang bisa dan mau di tokohkan? Adapun sebagai jawabannya: Jelas ada. Mulai dari: SUDIYATNO, TOTO SUWARNO, SUPARMAN DAN BABAHE SURATMAN merupakan tokoh dan peran utama yang simpati, mau dan ikut terjun langsung dalam pembangunan juga menata struktur kepengurusannya, terbukti sampai sekarang Cuma figur-figur itu yang stabil dalam posisi kepengurusan, banyak terjadi fenomena fenomena  pergantian pengurus, karena banyak orang juga yang ingin menduduki sebagai pimpinan dalam struktur kepengurusan Candi Untoroyono. Tapi semuanya kandas di tengah perjalanan, ganti lagi dan ganti lagi. Akhirnya pada awal tahun 2013, MPU NABE  memanggil orang-orang yang dia anggap berpotensi dalam mengurus Candi  Untroyono. Tidak lain dan tidak bukan adalah juga orang-orang yang tercantum namanya diatas. Disitu diadakan sebuah proses regenerasi pengurus, yang sebetulnya semua itu tidak layak kalau dikatakan regenerasi, karena yang menduduki jabatan pengurus merupakan wajah-wajah lama dan pernah juga menjabat sebagai pengurus Candi. 

SUDIYATNO  yang juga seorang pejabat perangkat desa [Kaur Pemerintahan] Desa Kalangan sempat  menorehkan apa yang terjadi pada saat terjadinya pembaharuan pengurus Candi itu di sela-sela kesibukannya. Bendahara Desa  Kalangan ini  lah yang dipercaya oleh Mpu Nabe untuk menjadi Ketua lagi. TOTO SUWARNO  menjabat sebagai sesepuhnya dan tokoh lain seperti SUPARMAN dan SURATMAN sebagai seksi keamanan, juga Humasnya. Dilengkapi pengurus lain yang berasal dari luar daerah Desa Kalangan. Jadi sejak awal tahun 2013 Diyatno kembali menduduki jabatan  Ketua lagi, yang di bantu oleh kerabat dan pengurus yang lain, akhirnya pada setiap malam hari Selasa dan malam Jum’at diadakan sebuah ritual  sembahyangan (Hindu) secara rutin.

07-06-10.44.39

Referensi

  • viaklaten.blogspot.co.id/2015/08/candi-untoroyono.html?m=1
  • informasijogja1.blogspot.co.id/2014/02/candi-untoroyono-kalangan-regenerasi_20.html?m=1
  • dokumentasi pribadi
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s