Fitnah Terhadap Adam Amrullah, Pengungkap Paham Menyimpang LDII

Telah muncul berita yang cukup mengagetkan tentang salah satu saudara kami yang juga peruqyah, yaitu Adam Amrullah. Beliau diklaim sebuah situs islam sebagai anggota Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

07-09-11.31.21

Setelah dulu menayangkan program televisi kontroversial bertajuk “Khazanah” yang menganut faham wahabi salafi, salah satu tokoh praktisi ruqyah syari’ah dalam program televisi Trans7 yakni, Ustadz Adam Amrullah diduga adalah Anggota ISIS…!

Sumber:http://www.muslimedianews.com/2015/03/ada-apa-dengan-trans7-adam-amrullah-dan.html

Situs tersebut, Muslimedia News, mengambil referensi dari situs yang diklaim sebagai situs Adam Amrullah yang berjudul Ruju’ Ilal Haq. Artikel rujukan situs tersebut berjudul Menyambut Panglima Baru ISIS (Indonesia) Ustad Adam Amrullah.


Berita Bersumber dari Situs Palsu

Perlu kami sampaikan bahwa rujukan Muslimedia News salah, sehingga informasi yang disampaikannya pun salah. Metafisis pernah wawancarai Adam Amrullah di awal 2013, sebelum beliau masuk TV acara ruqyah. Lihat wawancaranya di Wawancara dengan Adam Amrullah, Mantan anggota LDII, Sekjen Forum Ruju’ Ilal Haq (FRIH). Perhatikan link juga referensi dalam wawancara tersebut, alamat situs FRIH adalah rujuilalhaq.blogspot, bukan ruju-ilalhaq.blogspot.com (ada stripnya antara ruju dan ilalhaq). Situs terakhirlah yang menjadi rujukan Muslimedia News.

Jadi, siapa yang membuat situs palsu tersebut, entahlah. Yang jelas itu bukan milik Adam. Adam sendiri sudah mengkonfirmasi dalam akun Facebooknya bahwa itu bukan situsnya.

Blog Forum Ruju Ilal Haq milik saya sudah saya hapus sejak lama, dan saya berlepas diri dari pernyataan di blog yang mengatasnamakan ruju ilalhaq

07-09-11.34.59

Klarifikasi Adam Amrullah. Sumber: Facebook.


Inilah arsip situsnya yang asli, direkam terakhir pada bulan Agustus 2014. Bisa Anda temukan di Web Archive.

07-09-11.38.37

Bahkan, jika kita telusuri dengan keywordRuju Ilal Haq di Google, kita akan menemukan beberapa lagi blog yang sama-sama palsu, mengatasnamakan FRIH Adam Amrullah dengan isi yang menyerang kaum muslim. Misalnya ada artikel berjudul Warga Negara Indonesia Pada Umumnya KAFIR. Sesuatu yang tidak mungkin diucapkan secara enteng oleh seorang muslim terhadap muslim lainnya.

07-09-11.41.51


Kesimpulan

Melalui penelusuran singkat ini, dapat kita simpulkan secara mudah bahwa berita Adam adalah Panglima ISIS berawal dari informasi tidak valid dan tidak layak dipercaya.


Pelajaran Yang Diperoleh

Ada beberapa pelajaran yang diperoleh dari kasus ini.

Pertama, dari sisi kejujuran jurnalisme.Berita yang tidak menyertakan sumber referensi sangat dekat dengan berita-berita sampah. Situs-situs yang tidak mau menyertakan link sumber referensi pun tidak akan lepas dari kemungkinan menyebarkan berita sampah. Baik itu situs islam sekalipun. Inilah salah satu masalah besar dalam dunia jurnalisme online kita saat ini.

Situs Muslimedia News dengan entengnya menyebarkan berita tentang Adam dan ISIS. Tapi, tanpa sedikit pun menyertakan sumber informasinya. Dari mana informasi itu mereka peroleh? Mereka juga tidak memberikan link terhadap Facebook Adam dalam artikel. Padahal, itu akan memungkinkan pembaca mereka untuk memeriksa langsung akurasi beritanya dan juga meminta konfirmasi (tabayun) langsung pada Adam.

Kedua, dari sisi dakwah online. Sayangnya, Adam telah meninggalkan situs FRIH yang telah lama ia kelola. Kami tidak tahu alasannya. Ini memberi celah bagi orang-orang yang tidak menyukainya untuk membuat bahan fitnah baru terhadapnya.

Ketiga, dari sisi perpecahan. Berita palsu ini membuat perpecahan baru di kalangan intern kaum muslimin. Sebagian yang termakan fitnah ini akan menuduh Adam sebagai bagian ISIS. Sebagian lagi akan menuduh penyebar berita ini –yaitu Muslimedia News— sebagai tukang fitnah. Padahal, bisa jadi mereka juga sama-sama korban informasi palsu.

Keempat, tidak seimbangnya alur informasi. Muslimedia News saat ini sudah memuat klarifikasi Adam terkait berita tadi. Walaupun sayangnya, klarifikasi ini pun tetap tanpa menyertakan link ke klarifikasi asli Adam di Facebook. Mereka juga tidak menyertakan link terhadap berita klarifikasi ini di dalam berita salah mereka. Tahukah Anda berapa perbandingan popularitas berita palsu dan klarifikasinya? Berita palsu sudah disukai lebih dari 4.500 orang di Facebook, sementara berita klarifikasinya hanya disukai oleh 138. Wow!Sudah saatnya kita jujur dan bersikap adil.[1]

07-09-11.46.47

Baca Juga


Intimidasi Hingga Somasi

Untuk menghentikan FRIH, LDII mengarahkan senjatanya pada motor penggerak FRIH, Ustadz Adam Amrullah. Berikut adalah beberapa informasi yang kami peroleh dari beliau.

Rumah ana sudah seminggu belakangan ini –sejak awal september– diawasi orang yang mencurigakan, mereka berganti shift, dan ini membuat warga, khususnya tetangga dan pak RT resah. Bahkan pas sholat subuh, ada 1 orang yang sholat subuh gak mau berjamaah di mesjid (sholat di belakang sendirian).

Akhirnya tadi pagi ana temuin aja intel LDII itu. Ana tanya, maunya apa, dia bilang gak mau apa2. Kenapa gak mau apa2 kok nanyain adam dan keluarga terus? Lalu ana cerita kalau ada orang-orang dari beberapa ormas yang nanya langsung ke adam apakah kita gempur aja LDII? Ada yang mau langsung berhadapan (perang) dengan LDII, ada yg siap merusak mesjid ldii, ana bilang jangan. Mereka saudara saya, ana menyarankan agar jangan anarkis.

Ana bilang kami mantan LDII berdakwah itu karena gak mau LDII berakidah sesat, jadi khawarij, karena Rasulullah bilang Khawarij itu anjing neraka. Kami ditanya oleh banyak ormas dan DKM mesjid di mana-mana tentang aqidah LDII. Tentu kami harus menyampaikan untuk menjaga umat agar tidak terjerumus ke dalam kesesatannya.

Dia malah sibuk terus main hp, koordinasi sama teman2nya (total yang mengintai rumah ana ada 4 orang). Akhirnya datang satu orang lagi beli makanan di warung Pak Haji depan rumah ana dan kemudian dia pergi setelah mengenalkan diri namanya Rudi.

Setelah ngobrol kurang lebih 20 menit, ana minta dia untuk menyampaikan pesan berikut ke petinggi LDII:

  1. Ayo kirim utusan kita (LDII dan Mantan LDII) ke Ulama Haramain. kita tanyakan seputar ajaran ldii (apa benar selain ldii pasti kafir, apa boleh melakukan bithonah (taqiyyah), surat tobat, setoran wajib dsb.
  2. Kami –mantan LDII– mengajak LDII meninggalkan ajarannya yang menyimpang, bukan pembubaran ormas.

Akhirnya dia minta nomer ana dan ana kasih. Ana minta kedua pesan itu disampaikan ke petinggi (Imam Islam Jamaah dan Ketua LDII), dan juga ke LDII sekitar rumah ana, karena di dekat rumah ada LDII di Bintaro Sektor 9 dan Sektor 3A (deket STAN). Semoga Berkah!

Sekedar informasi, ana sedang menghadapi tuntutan somasi oleh SENKOM Mitra Polri (ormas milik islam jamaah selain ldii) karena pencemaran nama baik dan Undang-undang ITE. Panggilan pertama dari Polsek Bekasi sudah datang pada 4 Sept 2013. Ana memohon pertolongan Allah, dan Doa Antum serta Umat Islam semua.

07-12-11.31.15

07-12-11.34.28

Media islam JITU, MUI Pusat, MUI Bogor, LPPI, dan beberapa Ormas Islam siap membantu dan akan berkoordinasi membahas masalah ini. Ketua MUI Pusat, KH Cholil Ridwan juga langsung sigap membantu. Beliau sudah mengajak ana untuk bertemu beberapa Ormas Islam seperti Forkami, Gerakan Reformasi Islam (GARIS), Front Pembela Islam (FPI), dan Majelis Mujaidin Indonesia (MMI). Ust Amin Djamaluddin, Ketua Lembaga Pengkajian dan Penelitian Islam, juga siap menjadi saksi ahli yang akan menegaskan kesesatan paham LDII. Ustadz Pizaro juga sudah siap untuk berkoordinasi dengan para jurnalis media islam. Banyak mantan anggota dan petinggi LDDI siap menjadi saksi yang akan membantu ana.


Hasil Pemeriksaan Polisi

07-12-11.37.29

Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan teman teman semua Ustadz Adam Amrullah tetap pada status sebagai saksi dan diperbolehkan pulang setelah BAP selesai. Polisi mengakui bukti yang dimiliki Adam Amtullah sangat kuat sehingga posisinya sulit untuk dijerat atas pencemaran nama baik sebagaimana tuduhan SENKOM. Bahkan, polisi penyidiknya pun mendukung upaya Adam Amrullah melalui FRIH.[2]

Sumber

  • [1] metafisis.net/2015/03/19/pelajaran-dari-fitnah-terhadap-adam-amrullah-pengungkap-paham-menyimpang-ldii/
  • [2] https://metafisis.net/2013/09/13/upaya-ldii-menyerang-balik-para-pembongkar-pahamnya/
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s