Aplikasi yang Wajib diinstall di Android (A27)


7-14-06.32.07

  • 1. 3G/4G Speed Optimizer

Aplikasi ini merupakan salah satu fitur dari tweak V6 Supercharger! Intinya, aplikasi ini bekerja di dalam system Android! Tidak seperti aplikasi-aplikasi lainnya, yang hanya bersifat sebagai booster dan tidak stabil memberikan efek kualitas koneksi internet dan komunikasi. Aplikasi ini baru bisa berfungsi optimal dan baik, jika seluruh tahapan instalasi tweak V6 Supercharger telah mencapai 100%!


  • 2. A919 Tools

Aplikasi ini multifungsi. Salah satu fitur yang pentingnya adalah touchscreen optimizer! Layar jadi lebih responsif, smooth, dan meminimalisir kemungkinan salah tekan menu atau huruf!


  • 3. Avast Security atau AVG Pro (Pilih salah satu saja!)

Selama ini, menurut saya belum pernah denger ada virus yang masuk ke system Android! Yang ada, ya paling cuma malware berupa iklan-iklan pop up dari aplikasi gretongan di Google PS aja! Salah satu fitur dari AVG Pro yang paling ane suka dan sering gunakan adalah mem-backup aplikasi yang udah ane update dari Google PS ke dalam bentuk file .apk! Jadi sewaktu-waktu diperlukan, tinggal instal saja lagi, tanpa perlu update lagi (Misalnya, setelah ganti ROM!). Kalo di Avast Security,yang terpenting adalah fitur Anti-Theft atau Anti Maling! Di AVG Pro, juga ada sebenarnya, tapi kalo di Avast itu benar-benar efektif. Karena fungsi data dan sytem di ANDJU kita akan terkunci otomatis. Selain itu, aplikasi Avast Security ini juga akan menginformasikan lewat sms ke beberapa nomor hape yang udah kita daftarkan sebelumnya. Isi sms-nya berisi info lokasi keberadaan ANDJU sampai tindakan apa yang ingin kita lakukan, menghapus data? factory reset? atau sekadar mengunci homescreen (si Maling gak mungkin bisa masuk ke menu, kecuali dia tau password yang udah kita simpan sebelumnya!) Eh iya, satu lagi… Alarm yang terdengar akan terus menerus berbunyi sampai password-nya kita masukkan! Jadi kecil kemungkinan, si Maling akan mengaktifkan ANDJU, karena saat diaktifkan, akan langsung muncul permintaan untuk mengisi password!


  • 4. DeepSleep Battery Saver Pro. 

Sebenarnya banyak bertebaran aplikasi-aplikasi sejenis di Google PS! Tapi menurut saya yang paling efektif, dan tidak memakan RAM ya cuma aplikasi DeepSleep Battery Saver Pro! Aplikasi ini menonaktifkan seluruh aplikasi yang berjalan di-background system tanpa terkecuali, saat kondisi layar mati atau off! Biasanya, jam 9 malam batere masih 54%, tanpa di cas, kondisi layar mati, eh besoknya jam 6 pagi posisi batere masih tetep di 54%. Dan hebatnya lagi, sampe jam 3 sore baru muncul peringatan batere tersisa 10% (jika memang di setting di angka tersebut, sebagai peringatan untuk melakukan recharge!). Aktivitas pemakaian normal. Browsing ringan tanpa streaming Youtube, denger musik, dan sms/telpon aja yang mungkin sering ane lakukan! Syaratnya: Kalibrasi batere dengan Die-hard Battery Calllibrator, paketan tweak V6 Supercharger yang udah 100%!


  • 5. ES File Manager atau Root Explorer (Pilih salah satu saja!)

Kalo untuk aplikasi yang 2 ini, tak perlu lagi deh ya, ngasih ulasan! Udah pinter semuanya pasti… Hehehe


  • 6. Greenify + Xposed framework installer

Greenify sebenarnya hanya sebuah module, dan baru bisa berfungsi setelah di mediasi oleh aplikasi Xposed framework installer! Aplikasi Greenify sanggup meng-hibernasi (membuat tidur) aplikasi-aplikasi pihak ke-3 (bukan bawaan system) sehingga tidak berjalan aktif di background system! Efeknya ya, penggunaan RAM jadi berkurang. Nilai lebih dari aplikasi ini adalah tidak meng-kill aplikasi-aplikasi tersebut! Jelas ini bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya error pada aplikasi yang terlalu sering di-kill tersebut. Manfaat meng-hibernasi itu jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan meng-kill suatu aplikasi. Kalo kita meg-kill suatu aplikasi tertentu, setelah 10 detik, aplikasi yang kita kill tersebut akan aktif kembali! Sedangkan, kalo dihibernasi, aplikasi yang dimaksud itu akan nonaktif tanpa bisa terbangun lagi, hingga kita sendiri yang mengaktifkannya lagi!


  • 7. RAM Manager Pro

Dibaca dari nama aplikasinya, udah paham dong ya fungsinya! Yang ingin saya tekankan di sini adalah hal tentang settingannya! Tentukan batas minimal dan maksimal secara WAJAR! Ini sangat penting untuk kinerja dan performa ANDJU secara keseluruhan, dan menghindari terjadinya force closed pada aplikasi-aplikasi yang memang banyak memakan RAM, seperti contohnya Google PS dan Google Maps! Efeknya bisa fatal, jika salah dalam menentukan parameter settingan pada RAM Manager Pro! So, bagaimana settingan yang benarnya? Saran saya, lakukan trial and error! Karena settingan yang cocok itu tergantung dari seberapa banyak aplikasi yang sudah terinstal di ANDJU anda. Punya si A beda, dan si B juga beda! 🙂 Please, be a smart user!


  • 8. SD Maid Pro

Aplikasi paling oke buat membersihkan junk files dari aplikasi yang udah kita uninstal, clearing cache, dan maintenance SD Card agar masa pakai bisa bertahan lebih lama! Saran saya, jangan pernah lakukan partisi SD Card, kalo hanya ingin menambah kapasitas ruang instalasi! Partisikan saja internal memory-nya, karena itu relatif lebih aman!


  • 9. Titanium Backup Pro

Salah satu yang paling handal untuk aktivitas backup mem-backup aplikasi dan games! Selain itu, fitur yang paling sering gunakan adalah meng-hibernasi aplikasi bawaan system! Kalo Greenify hanya sanggup meng-hibernasi aplikasi pihak ke-3, aplikasi Titanium Backup Pro sanggup meng-hibernasi seluruh aplikasi, baik dari pihak ke-3 maupun bawaan system!


  1. 10. Whatsapp dan/atau Catfiz

Tak perlu banyak banyak penjelasan lagi! Ini adalah aplikasi wajib buat member group dan sosialita! Terlebih lagi, untuk aplikasi Catfiz! Mari kita dukung hasil karya anak bangsa… Aplikasi ini dibuat memang untuk menyaingi eksistensi Blackberry Messenger yang lebih sering error karena overloaded server-nya![1]


Antivirus-Antivirus Ampuh untuk Android

Pengujian terhadap 41 aplikasi antivirus di platform Android menunjukkan hanya 23 aplikasi yang secara efektif menghambat laju ancaman virus ataupun perangkat lunak berbahaya (malware).

“Beberapa bagian dalam laporan dan metodologi tes kami dianggap tidak tepat atau cacat oleh pihak pengembang,” kata Andreas Marx, Pemimpin AV-Test, salah satu lembaga penguji keamanan teknologi informasi independen di Jerman.

Pengujian yang dilakukan AV-Test terfokus pada kemampuan aplikasi untuk menahan jaringan malware dibanding serangan per satuan.

Dalam laporan yang dipublikasikan 15 Maret, AV-Test menyebut 10 perusahaan penyedia antivirus terbaik yang mampu mendeteksi lebih 90 persen malware di platform Android.


Kesepuluh perusahaan itu adalah:

  1. Avast,
  2. Dr. Web,
  3. F-Secure,
  4. Ikarus,
  5. Kaspersky,
  6. Lookout,
  7. McAfee,
  8. MYAndroid (MYMobile Security),
  9. NQ Mobile/NetQin, dan
  10. Zoner.


Sisanya, sebanyak 13 produk mampu mendeteksi 65 hingga 90 persen malware yaitu:

  1. AegisLab,
  2. AVG Mobilation,
  3. Bitdefender,
  4. BullGuard,
  5. Comodo,
  6. ESET,
  7. Norton/Symantec,
  8. QuickHeal,
  9. Super Security,
  10. Total Defense,
  11. Trend Micro,
  12. Vipre/GFI, dan
  13. Webroot.

“Produk-produk itu (13 produk di atas) pun berpotensi menjadi produk terbaik. Mereka hanya gagal mendeteksi satu atau dua jaringan malware yang mungkin tidak bisa dicegah pada kondisi tertentu,” tulis AV-Test dalam laporannya.[2]

Referensi

  • [1] begawei.com/2013/12/aplikasi-yang-wajib-diinstal-di-android.html
  • [2] tekno.kompas.com/read/2012/03/19/09270972/10.Antivirus.Paling.Ampuh.untuk.Android
Iklan

One response »

  1. Soal antivirus, Saya lebih memilih SMADAV antivirus buatan Indonesia karena bekerja lebih ringan dan bisa dipadukan bersamaan dengan antivirus global seperti antivirus avast, avira dan lainnya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s