Fenomena Artis Bodoh di DPR

Di negara Indonesia ini menjadi anggota DPR sepertinya menjadi pekerjaan ideal untuk cepat kaya. Bagaimana tidak? Digaji besar, plus tunjangan macam-macam, kerja tanpa target pula. Pastilah jadi incaran banyak orang. Tak terkecuali dengan para artis ini. Banyak dari mereka berbondong-bondong alih profesi ke gedung senayan.

Entah karna benar-benar ingin merubah nasib negeri ini atau malah ingin ikut-ikutan cari ceceran uang anggaran DPR. Apapun motifnya yang kita mau mereka bekerja sesuai dengan harga yang negara bayar. Tapi bagaimana jika ternyata mereka malah tidak paham dengan pekerjaan mereka?

1. Nuri Shaden, Salah Sebut Arti Hak Angket

-16-07.07.28

Penyanyi cantik Nuri Shaden yang kini pindah profesi menjadi anggota DPRD ini menjadi gunjingan para netter di dunia maya. Terkait jawabannya yang keliru saat ditanya soal hak angket di DPRD DKI Jakarta. Nuri yang menjadi bendahara Fraksi Partai Gerindra ini turut menandatangani hak angket yang diluncurkan kepada gubernur Ahok. Tapi ternyata Nuri tidak tahu arti dari hak angket.

Nuri menjawab jika hak angket adalah hak bertanya untuk anggota DPR kepada pemerintah. Padahal hak bertanya ini disebut sebagai hak Interpelasi, sedangkan hak angket adalah hak penyelidikan terhadap kebijakan eksekutif, yang kini akan digulirkan pada gubernur Ahok. Kesalahan Nuri ini membuatnya banyak dihujat, “Astagah!! Parah yah anggota DPRD ini.. inilah kalau artis kemaren jadi DPR,” tulis seorang komenter.

2. Anang Hermansyah, Gelagapan saat ditanya Mengenai Hak & Kewajiban DPR

7-16-07.03.12

Satu lagi anggota DPR yang ternyata masih tidak paham dengan kerjaannya sendiri. Anang Hermansyah, Anggota fraksi partai PAN yang terpilih dari Dapil Jawa Timur ini diberitakan tidak mampu menjawab ketika ditanya mengenai hak dan kewajiban DPR. Video yang kemudian diunggah di Youtube ini memperlihatkan Anang yang bingung dan kelabakan menjawab pertanyaan jurnalis tersebut.

Anang malah mengajukan rentetan pertanyaan balik, “Apa? Hak-hak apa? Kenapa itu? Maksudnya?.” Alhasil, Anangpun menjadi cibiran di media sosial. Beberapa komenter bahkan menganggap Anang tidak pantas duduk di kursi dewan, “Memalukan, seorang DPR tidak bisa jawab apa pekerjaannya,” tulis seorang komentar. Meski banyak yang menghujat, namun Guruh Soekarno Putra mengatakan jika hal ini bukan salah Anang seluruhnya, “Ini salah sistem Indonesia,” dikutip dari Tempo.

3. Rachel Maryam, Tidak Hafal Teks Proklamasi

07-16-07.00.36

Berkat salah satu acara variety show ‘John Pantau’ kita jadi tahu seberapa baik kualitas anggota DPR ini sebagai abdi negara. Dan ternyata banyak yang jauh dari harapan. Salah satu yang tertangkap tidak bisa menglafalkan Teks Proklamasi adalah Rachel Maryam. Aktris film ‘Arisan’ ini ternyata sama sekali ‘blank’ ketika disuruh mengucap Naskah Proklamasi Indonesia.

Memalukannya lagi adalah ketika Rachel Maryam keliru menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’. Lagu Nasional ini keliru dinyanyikan Rachel dengan lirik awal “Hiduplah Tanahku, Hiduplah Negeriku, Bangsaku, Rakyatku, Semuanya.” Meski melakukan kesalahan Rachel Maryam malah tersenyum santai menanggapi, “Ya, saya memang nggak hafal.”

4. Inggrid Kansil, Salah Jawab Hak Angket

7-16-06.54.34

Satu lagi korban John Pantau yang akhirnya dapat cemoohan dari pengguna dunia maya. Inggrid kansil. Dalam edisi spesial DPR tersebut, Inggrid Kansil diwawancarai diruang kerjanya tentang hal-hal yang berkaitan tentang kerja anggota DPR. Namun saat ditanya tentang arti hak angket, Inggrid menjawab, “hak angket itu hak untuk ya…itu hak untuk bertanya ke presiden mengenai..bla..bla..bla,” dengan PD-nya Inggrid menjelaskan meski kesemuanya salah total.

Inggrid ternyata juga tidak hafal dengan keseluruhan sila yang ada di dalam Pancasila. Ketika ditanya isi sila ke-5 Pancasila, Inggrid terlihat gugup dan kemudian menjawab, “Kemanusian..,” tanpa  diselesaikan. Inggrid juga sama sekali gamblang soal hak-haknya sebagai anggota DPR, saat ditanya lagi soal arti hak Interpelasi Inggrid sama sekali tidak tahu.

5. Primus Yustisio, Tidak Hafal Pancasila

-16-06.58.07

Aktor tampan Primus Yustiso memang dikenal sebagai selebritis Indonesia yang tegap dan macho. Namun sayang image ini seketika luntur ketika Primus ternyata tidak hafal dengan sila Pancasila. Primus yang menjabat sebagai anggota komisi VI DPR Fraksi Partai PAN ini salah mengucap sila ke-3 dari Pancasila. Primus dengan percaya diri menyebut sila ke-3 ini dengan, “Persatuan Republik Indonesia.”

Dan satu lagi hal yang memalukan, Primus ternyata juga tidak hafal dengan lirik lagu ‘Indonesia Raya’. Primus keliru menyanyikan lagu nasional ini dengan lirik awal sebagai, “Hiduplah Indonesia Raya.” Primus bahkan terlihat berpikir keras dengan lirik lagu ‘Indonesia Raya’ ini. Jika lagu kebangsaan dan dasar-dasar negara saja tidak hafal bagaimana bisa hafal dengan kewajibannya.

Ah, cukup memalukan memang memiliki wakil rakyat yang ternyata tidak paham tentang pekerjaannya. Tapi semua itu bukan keseluruhan kesalahan mereka, kita sebagai pemilih seharusnya lebih cermat menempatkan wakil rakyat kita di gedung DPR.

Sumber

  • boombastis.com/artis-jadi-dpr/14934
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s