Islam Agama yang Paling Besar Jumlah Pengikutnya. Itu Kebenarannya

Perkiraan pertumbuhan Islam di seluruh dunia barangkali merupakan penemuan yang paling mengejutkan dalam laporan yang diungkap oleh Pew Research Center baru-baru ini yang memproyeksikan masa depan Muslim.

Memang, Muslim akan tumbuh lebih cepat dua kali lipat dari populasi dunia secara keseluruhan antara tahun 2010 dan 2050, pada paruh kedua abad ini, kemungkinan akan melampaui Kristen sebagai kelompok agama terbesar di dunia.

Agama Islam Tumbuh Lebih Cepat Dua Kali Lipat Dari Populasi Dunia

Saat penduduk dunia diproyeksikan tumbuhsebesar 35% dalam dekade mendatang,jumlah Muslim diperkirakan akan meningkatsebesar 73% – dari 1,6 miliar pada 2010 menjadi 2,8 milyar pada tahun 2050. Pada tahun 2010, ummat Islam membentuk 23,2%dari populasi global . Empat dekade kemudian, Muslim diperkirakan akanmembentuk tiga dari sepuluh orang di dunia(29,7%).

image

Pada tahun 2050, ummat Islam diperkirakan memiliki jumlah yang hampir sama dengan jumlah orang Kristen, yang diproyeksikanakan tetap menjadi kelompok agama terbesardi dunia yaitu 31,4% dari populasi global.

Alasan utama terjadinya pertumbuhan pesat dari ummat Islam adalah karena faktor demografi. Muslim memiliki jumlah anak lebih banyak dibandingkan dengan tujuh kelompok keagamaan besar lainnya di dunia, berdasakan dianalisis dalam penelitian yang dilakukan oleh Pew Research Center. Setiapwanita Muslim memiliki jumlah anak rata-rata3,1 anak, jauh di atas kelompok agama Kristen yaitu rata-rata 2,7 anak, dan rata-rata semua non–Muslim memiiki 2,3 anak. Di semua wilayah utama di mana ada populasiMuslim yang cukup besar, kesuburan Muslimmelebihi kesuburan non–Muslim.

Pertumbuhan populasi Muslim juga dibantu oleh fakta bahwa ummat Islam memiliki usiatermuda median (23 tahun pada 2010) darisemua kelompok agama besar dunia, tujuhtahun lebih muda dari usia rata-ratanon–Muslim (30). Pertumbuhan Muslim yang lebih besar terjadi pada titik ketika Muslimmulai memiliki anak. Hal ini, dikombinasikandengan tingkat kesuburan yang tinggi, yangakan mempercepat pertumbuhan populasi Muslim.

image

Lebih dari sepertiga dari Muslim terpusat di Afrika dan Timur Tengah, daerah yangdiproyeksikan memiliki populasi yang mengalami peningkatan pesat. Tetapi, bahkandalam wilayah-wilayah yang memilikipertumbuhan populasi yang tinggi – serta wilayah yang lain – Muslim diproyeksikanberkembang lebih cepat daripada anggotakelompok agama lain. Misalnya, ummat Islam di sub–Sahara Afrika, rata-rata, berusia lebih muda dan memiliki kesuburan yang lebih tinggi daripada populasi keseluruhan wilayah tersebut. Bahkan, ummat Islam diperkirakan akan meningkat dalam persentase dari setiap wilayah kecuali Amerika Latin dan Karibia, di mana relatif sedikit Muslim yang tinggal di wilayah itu.

Dinamika yang sama terus berlaku di banyak negara di mana Muslim tinggal bersamakelompok agama lain. Misalnya, jumlah IndiaMuslim tumbuh pada tingkat yang lebih cepatdaripada mayoritas penduduk Hindu di negara itu, dan diproyeksikan meningkat dari14,4% dari penduduk India tahun 2010menjadi 18,4% (atau 311 juta orang) pada tahun 2050. Sementara itu, diperkirakanMuslim dan Kristen memiliki jumlah yang sama di Nigeria pada 2010. Muslim memilikikesuburan yang lebih tinggi di sana dandiperkirakan mengalami perkembangan pesat dan menjadi mayoritas (58,5%) di Nigeriapada tahun 2050.

image

Sementara itu, perpindahan agama, yang diperkirakan dapat menghambatpertumbuhan beberapa kelompok agama lain,diperkirakan tidak akan memiliki dampaknegatif terhadap Muslim. Sebaliknya, antara2010 dan 2050, Kristen diproyeksikan akan kehilangan pemeluknya lebih dari 60 jutapengikut di seluruh dunia melaluiperpindahan agama.

Berikut ini 5 Negara Dengan Pertumbuhan Agama Islam Paling Cepat di Dunia

Islam telah ditakdirkan untuk menjadi agama yang terbesar dan akan memenuhi dunia ini di setiap bangsa. Bahkan di akhir zaman nanti Insha Allah Islam akan menjadi satu-satunya agama yang berdiri tegak di muka bumi ini.

Berkaitan dengan perkembangan agama Islam, awal pekan ini, the Telegraph melaporkan data terbaru perkembangan umat muslim di Inggris. Untuk pertama kalinya tahun ini, jumlah pemeluk Islam di Negeri Ratu Elizabeth mencapai tiga juta jiwa. Perkembangannya sangat pesat dalam satu dekade terakhir, mengingat pada 1991, penduduk beragama Islam di Britania Raya baru sebesar 950 ribu jiwa.

Pertumbuhan pemeluk Islam dipicu beberapa faktor. Dua aspek utama adalah tingginya angka kelahiran keluarga muslim, serta arus imigran beragama Islam di Inggris.

Terlepas dari alasan spesifik di setiap negara, situasi demografi Inggris sejalan dengan tren yang dicatat Lembaga survei Pew Research Center dari Amerika Serikat. Pew menyatakan umatIslam akan mencapai 34,9 persen dari total populasi dunia selepas 2070. Hal ini ditopang pertambahan penduduk muslim sebesar 2,2 persen saban tahun.

Artinya, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, jumlah umat muslim diyakiani akan melampaui penganut agama Kristen yang selama beberapa abad dominan.

“Pada 2050 populasi umat Kristen dunia (2,9 miliar jiwa) nyaris diimbangi umat Islam (2,8 miliar). Ini kondisi yang belum pernah terjadi sepanjang sejarah,” tulis laporan Pew tahun lalu.

Lantas, di negara mana saja agama Islam berkembang paling pesat? Berikut rinciannya mengacu pada data

  • 5. CHINA

image

Pertumbuhan jumlah pemelukIslam sangat pesat di Republik Rakyat China (RRC). Islam merupakan agama mayoritas yang dianut warga etnis Uighur, Hui, maupun Kazakh. Pada sensus lima tahun lalu, jumlah mereka sudah tembus 50 juta jiwa. Tiga kali lipat dibanding sensus pada 2000.

Namun, harus diakui pertumbuhan jumlah ini tak berbanding lurus dengan kebebasan beragama. Warga etnis Uighur di Provinsi Xinjiang mengalami penindasan rutin oleh pemerintah pusat Beijing.

Warga Uighur dituding punya kecenderungan ‘memberontak’. Kebijakan ekonomi China yang mengutamakan etnis Han memperburuk situasi di Xinjiang

  • 4. Kanada

image

Negara yang bertetangga dengan Amerika Serikat ini menjadi wilayah keempat yang mencatat tingginya pertambahan populasi umat muslim di dunia. Untuk kasusKanada, lonjakan itu dipicu terutama oleh arus imigran selama dua dekade terakhir.

Padahal, masjid pertama di Kanada baru dibangun pada 1932. Namun pada 2015, di Kota Toronto saja, terdapat lebih dari 20 masjid dengan 20 ribu umat muslim.

Berdasarkan sensus oleh Badan Statistik Kanada pada 2013, populasi umat Muslim melampaui agama-agama lain. Sedangkan survei Rumah Tangga Nasional dua tahun lalu, Islam disebut tumbuh melebihi jumlah warga Kanada yang ateis.

Jumlah umat Islam di Kanada telah mencapai 1.053.945 jiwa atau 3,2 persen dari total populasi penduduk. Dalam satu dekade, pertumbuhannya mencapai 2 persen.

  • 3. Rusia

image

Islam di Rusia adalah agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks, mencakup 21-28 juta jiwa. Jumlah itu setara dengan 20 persen dari total populasi Negeri Beruang Merah. Pertambahan jumlah pemelukIslam di bekas Uni Soviet diproyeksikan mencapai 14,4 persen hingga 2030 mendatang.

Pew meramalkan Rusia akan menjadi salah satu negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Indikasi sudah terlihat sejak lima tahun terakhir, dengan pesatnya pembangunan masjid di Ibu Kota Moskow.

“Moskow perlahan-lahan beradaptasi menjadi kota berpenduduk Muslim terbesar di Eropa,” kata peneliti sosial Alexei Malashenko.

Komunitas Islam di Rusia masyarakat sejauh ini terbagi dalam dua kelompok besar. Kelompok pertama berada di sekitar Volga-Ural, Siberia Barat, dan Moskow. Sedangkan, kelompok kedua berada di Kaukasus Utara. Etnis Muslim terbesar di Rusia berasal dari suku bangsa Tatar (7 juta), Bashkirs (1,5 juta), dan Chechen (1 juta)

  • 2. Inggris

image

Inggris adalah salah satu negara Barat dengan pertumbuhan pemeluk Islam tercepat di dunia. Seperti sudah dijabarkan di awal artikel ini, penduduk muslim di Negeri Ratu Elizabeth kini mencapai tiga juta jiwa.

Selain dipicu kelahiran dan arus imigran, komunitas Islam di Inggris juga berkembang karena perpindahan agama. Berdasarkan Badan Sensus Inggris, setidaknya 6 ribu warga Inggris beralih memeluk Islam saban tahun. Kebanyakan perpindahan agama ini dilakukan oleh warga Inggris berjenis kelamin perempuan.

Persentase warga Muslim terbanyak berada di Ibu Kota London. Komunitas muslim besar tinggal di London Timur, mencapai 45,6 persen.

Sedangkan untuk populasi Muslim terbesar di luar ibukota, letaknya terdapat di Blackburn, Lancashire, dengan 29,1 persen dari jumlah populasi.

  • 1. India

image

Inilah calon negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar sedunia, melewati Indonesia. Pew menyatakan apabila tidak ada perubahan berarti dari sisi demografi, diperkirakan pada 2050 India resmi menjadi negara penduduk muslim terbanyak sejagat.

Situasi di India dipengaruhi oleh jumlah penduduk yang padat baik dari kalangan Hindu maupun Muslim. Usia pemeluk dua agama itu di Negeri Sungai Gangga juga sangat muda, lebih dari 30 persen di bawah 30 tahun. Prpyeksi peningkatan populasi penduduk muslim mencapai 18,4 persen (setara 311 juta jiwa) hingga 2050 nanti, jauh lebih tinggi dibanding pemeluk agama lainnya.

Saat ini, umat Islam di India baru berjumlah 177 juta jiwa. Hanya berselisih satu juta jiwa dari negara mayoritas muslim terbesar kedua dunia, Pakistan.

“Mayoritas penduduk India tetaplah warga penganut Hindu. Namun jumlah pemeluk Islam di India juga meningkat drastis melampaui Indonesia,” tulis laporan Pew tersebut.

Inilah calon negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar sedunia, melewati Indonesia. Pew menyatakan apabila tidak ada perubahan berarti dari sisi demografi, diperkirakan pada 2050 India resmi menjadi negara penduduk muslim terbanyak sejagat.

Situasi di India dipengaruhi oleh jumlah penduduk yang padat baik dari kalangan Hindu maupun Muslim. Usia pemeluk dua agama itu di Negeri Sungai Gangga juga sangat muda, lebih dari 30 persen di bawah 30 tahun. Prpyeksi peningkatan populasi penduduk muslim mencapai 18,4 persen (setara 311 juta jiwa) hingga 2050 nanti, jauh lebih tinggi dibanding pemeluk agama lainnya.

Saat ini, umat Islam di India baru berjumlah 177 juta jiwa. Hanya berselisih satu juta jiwa dari negara mayoritas muslim terbesar kedua dunia, Pakistan.

“Mayoritas penduduk India tetaplah warga penganut Hindu. Namun jumlah pemeluk Islam di India juga meningkat drastis melampaui Indonesia,” tulis laporan Pew tersebut.

Islam Agama Terbesar di Dunia

Screenshot_2016-06-07-13-12-44_1

Dalam tulisan-tulisan atau ceramah-ceramah, selalu disebut bahwa Kristen adalah agama terbesar di dunia. Hari ini, sebutan itu tidak berlaku lagi. Karena perkembangan agama dunia sudah menunjukan hal yang lain. Mari kita cermati fakta-fakta berikut ini.

Jumlah penduduk dunia (2013) adalah 7.021.836.029. Sebaran menurut agama adalah: Islam 22.43%, Kristen Katolik 16.83%, Kristen Protestan 6.08%, Orthodok 4.03%, Anglikan 1.26%, Hindu 13.78%, Buddhist 7.13%, Sikh 0.36%, Jewish 0.21%, Baha’i 0.11%, Lainnya 11.17%, Non Agama 9.42%, dan Atheists 2.04% (www.30 days.net).

Bahkan dikatakan bahwa jumlah pemeluk Islam pada 2012 adalah 2.1 milyar. Sedangkan jumlah pemeluk Kristen dan Protestan adalah 2 milyar . Sehingga Islam saat ini, kendati dibandingkan dengan pemeluk Kristen dan Protestan sekalipun, sudah menjadi agama terbesar di dunia (www.religiouspopulation).

Penduduk dunia (2011) tumbuh 137% dalam satu dekade terakhir, di mana Kristen tumbuh sebanyak hanya 46%, sebaliknya, Islam tumbuh sebanyak 5 kali lipatnya: 235%. (The Almanac Book of Facts, 2011). Dikatakan, bila tren pertumbuhan ini terus berlangsung, diperkirakan pada tahun 2030, 1 dari 3 penduduk dunia adalah orang Islam. (www.muslimpopulation.com).

Dilihat per benua, menurut data UN (2012), sejak tahun 1989 sampai tahun 2012, perkembangan jumlah pemeluk agama Islam yang paling cepat terjadi di Australia dan Oceania/Pacific 257.01%; kemudian berturut-turut diikuti oleh Eropa 142.35%; Amerika 25%; Asia 12.57%; Afrika 2.15%; dan Amerika Latin 4.73% (www.30-days.net).

Menurut The Almanac Book of Facts (2011), dalam sepuluh tahun terakhir, penduduk dunia bertambah sebanyak 137%. Di mana pemeluk agama Kristen bertambah sebanyak 46%. Sedangkan pemeluk agama Islam bertambah sebanyak 235% (www.geocities.com).

Sehingga disimpulkan bahwa Islam adalah agama dengan pertumbuhan pemeluk yang tertinggi di dunia, setiap tahunnya. Antara 1990 sampai 2000, diperkiraan sekitar 12.5 juta orang dari berbagai agama, pindah ke agama Islam. (Guinness Book of World Records,2011).

Perkembangan Islam yang sangat cepat ini disebabkan oleh dua faktor penting. Pertama, oleh tingkat kelahiran (fertility rate) yang tinggi di negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim.

Kedua, oleh jumlah orang-orang yang pindah (conversion) dari agama lain ke agama Islam yang juga tinggi, terutama di Amerika, Eropa dan Australia dalam 20 tahun terakhir (The Almanac Book of Facts, 2011).

Menurut hasil poll (2012) di Amerika, diketahui sekitar 200.000 orang setiap tahunnya pindah dari agama Kristen ke agama Islam. (www.usislam.org)

Sebuah studi oleh Faith Matters (2011) di Inggris, diketahui bahwa dalam 10 tahun terakhir, diperkirakan jumlah orang Inggris yang pindah dari agama lain (Kristen) menjadi pemeluk agama Islam adalah sebanyak 5.000 orang setiap tahun (http://insideislam.wisc.edu).

Terkait dengan perkembangan Islam yang cepat ini, menurut CNN, pemeluk Kristen semakin tidak meyakini kebenaran ajaran agama mereka. Sebaliknya pemeluk Islam, keyakinan terhadap kebenaran agama mereka semakin meningkat.

Di Indonesia tidak diketahui dengan pasti jumlah semua muallaf. Namun pemeluk agama lain yang pindah ke agama Islam merupakan fenomena sosial yang nyata dan trennya terus meningkat. Diperkirakan setiap tahun muallaf bertambah 10 sampai 15% (Syafii Antohio).

Sebagai contoh, dari sekian banyak muallaf di Indonesia, 7 orang terkenal yang sudah pindah ke agama Islam adalah: Sandrina Malakiano, Marini, Chicha Koeswoyo, Syafii Antonio, Bob Hasan, W. S. Rendra, dan El Manik.

Di dunia, 7 orang di antara jutaan muallaf yang namanya relatif dikenal adalah: Yusuf Islam (Penyanyi Inggris), Muhammad Ali (petintu Amerika), Yusuf Estes (Penghotbah Kristen, Amerika), Murad Hofmann (Diplomat, Jerman), Muhammad Assad (Wartawan Internasional, Austria), Selma A. Cook (Penulis, Australia), dan Jeffery lang (Profesor matimatika, Amerika).

Tingginya jumlah orang yang menjadi muallaf, memfasilitasi berkembangnya Islam menjadi lebih pesat lagi. Di Jeman, pernah terjadi sebanyak 1.250 orang non-Muslim yang menghadiri dakwah muallaf Amerika, Yusuf Estes, mengambil keputusan untuk menjadi Muslim dan bersyahadat langsung dihadapan beliau.

Referensi

  • ^moeflich.wordpress.com/2014/01/15/hari-ini-islam-jadi-agama-terbesar-di-dunia/
  • ^suratkabar.co/6214/news/masya-allah-umat-muslim-di-5-negara-ini-terus-bertambah-cepat-baca-dan-sebarkan-berita-gembira-ini
  • ^http://www.arrahmah.com/news/2015/04/28/mengapa-islam-menjadi-agama-yang-mengalami-pertumbuhan-tercepat.html
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s