Hadapi Klub Israel di Liga Champions, Fans Celtic Kibarkan Bendera Palestina

Pertandingan UEFA Champions League babak play off Leg 1, Raksasa Skotlandia Celtic menjamu tim Israel Hapoel Beer Sheva berlangsung di Celtic Park (Glasgow), Rabu, 17 Agustus 2016. (Kamis dinihari WIB)

Selama pertandingan sepak bola Celtics vs Hapoel Beer Sheva ini, seluruh bagian tribun di stadion Skotlandia dikibarkan bendera Palestina.

Screenshot_2016-08-18-18-56-28_1

Aksi ini dilakukan pendukung Celtic sebagai bentuk kecaman terhadap invasi Israel tahun 1948 terhadap kedaulatan negara Palestina yang mengakibatkan Palestina terjajah hingga saat ini.

Kelompok yang menamakan diri Celtic Fans for Palestine ini menggalang dukungan melakui laman Facebook. Halaman Facebook tersebut berjudul: “Kibarkan Bendera untuk Palestina, untuk Celtic, untuk Keadilan”.

Sebelum memulai pertandingan, aktivis dari kelompok “Palestina Alliance” ini membagikan bendera Palestina dan selebaran Nakba/Perang 1948 yang menceritakan invasi Israel 1948 dimana jutaan warga Palestina akhirnya menjadi pengungsi.

Screenshot_2016-08-18-18-50-27_1

Bahkan, demonstrasi untuk Palestina telah digelar seminggu sebelum pertandingan ini oleh para fans Celtic.

Pertandingan ini pun berakhir dengan kemenangan telak Celtic FC atas klub Israel Hapoel Beer Sheva dengan skor 5-2.[pkspiyungan]

UEFA membuka proses disipliner terhadap Celtic setelah sebagian pendukung mereka menampilkan bendera Palestina selama leg pertama Liga Champions yang digelar pada Rabu (17/8/2016) saat melawan tim Hapoel Beer-Sheva dari “Israel”, sebagaimana dilansir Al Araby, Sabtu (20/8).

Badan sepak bola Eropa itu mengatakan bahwa Celtic telah didakwa karena menampilkan sebuah “banner terlarang”, dan kasus ini akan ditangani oleh Badan Kontrol, Etika dan Disiplin UEFA pada tanggal 22 September.

Aturan UEFA melarang penggunaan “gerak tubuh, kata-kata, benda atau cara lain untuk mengirimkan pesan yang tidak cocok untuk acara olahraga, terutama pesan yang bersifat politik, ideologi, agama, menyinggung atau provokatif”.

Puluhan bendera Palestina ditampilkan selama kemenangan leg pertama Celtic 5-2.

Aksi massa dalam mendukung Palestina itu digelar di Facebook seminggu sebelum pertandingan yang diselenggarakan oleh Celtic di Glasgow oleh kelompok yang menamakan dirinya “Fans Celtic untuk Palestina.”

Celtic mungkin akan menghadapi ancaman denda dari UEFA atas pelanggaran fansnya terhadap peraturan tentang pernyataan politik selama pertandingan, tapi fans klub ini telah terbukti berkali-kali bahwa mereka percaya ada sesuatu yang lebih penting daripada uang.

Sebelumnya, pihak Kepolisian Skotlandia telah memberikan peringan kepada fans Celtic agar tidak melambaikan bendera Palestina. Polisi Skotlandia mengancam akan menahan siapa pun yang melambaikan bendera. Akan tetapi para fans Celtic dengan tegas tetap menyuarakan dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina dengan mengibarkan bendera negara itu.

Pada tahun 2014, UEFA juga pernah mendenda klub tersebut setelah fansnya melambaikan bendera Palestina selama pertandingan melawan tim dari Islandia KR Reykjavik. Klub tersebut didenda sekitar £ 16.000 atau 18.500 euro atas insiden itu.[arrahmah]

Fans FC Celtic Galang Dana £ 50.000 Lebih untuk Amal Palestina

Fans sepak bola Celtic jauh melampaui target awal mengumpulkan £ 15.000 untuk amal Palestina dalam upaya melunasi denda dari UEFA karena menampilkan bendera Palestina di pertandingan Liga Champions melawan tim Israel, lansir The Guardian,Selasa (23/08/2016).

Badan sepak bola Eropa tersebut menampar tim Celtics dengan denda setelah ribuan fans mereka menampilkan bendera Palestina selama pertandingan di kandang yang menghasilkan kemenangan 5-2 melawan club Israel, Hapoel Be’er Sheva, di kualifikasi Liga Champions.

Para pendukung The Green Brigade itu menyiapkan pengumpulan dana untuk denda di situs gofundme pada hari Ahad untuk melunasi denda. Sumbangan melampaui £ 50.000 (lebih dari Rp 867.950.000,-) pada hari Senin.

Para fans mengumpulkan uang untukMedical Aid Palestine, yang memberikan perawatan kesehatan dan medis bagi mereka “yang paling parah terkena dampak konflik, pendudukan dan perpindahan,” dan the Lajee Centre, proyek budaya dan olahraga untuk anak-anak di kamp pengungsi Aida, di Betlehem.

Seruan mereka berbunyi: “Pada pertandingan Liga Champions dengan Hapoel Be’er Sheva pada 17 Agustus 2016,the Green Brigade dan penggemar di seluruh Celtic Park mengibarkan bendera Palestina. Tindakan solidaritas ini menerima penghargaan dari Celtic dan pujian di seluruh dunia. Tindakan ini juga menarik biaya disiplin dari UEFA, yang menganggap bendera Palestina adalah ‘banner terlarang’.

“Menanggapi tindakan kecil dan politik partisan ini terhadap badan sepak bola Eropa, kami bertekad untuk memberikan kontribusi positif untuk pertandingan dan hari ini meluncurkan kampanye untuk#matchthefineforpalestine .”

Pernyataan itu mengatakan bahwa uang yang diperoleh akan membantu membeli perlengkapan dan peralatan sepak bola agar kamp pengungsi dapat memiliki tim, yang akan disebut Aida Celtic, di liga pemuda Bethlehem.[muslimdaily]

Cukup jadi manusia untuk bersimpati pada Palestina

Screenshot_2016-08-18-18-51-42_1 Screenshot_2016-08-18-18-51-30_1 Screenshot_2016-08-18-18-50-22_1

PicsArt_08-18-07.06.33

Save Palestine!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s