Kenapa Smartphone Bisa Meledak?

Berawal dari status teman FB (Nazaretta Netanya) di bawah ini:

Screenshot_2016-08-26-09-30-31

Akhirnya saya memposting artikel ini. Kenapa Smartphone Bisa Meledak?

Mungkin kamu sempat takut kala mendengar berita soal smartphone meledak. Tak hanya terjadi sekali, peristiwa ini beberapa kali menyeruak sehingga menimbulkan kecemasan. Walau jumlah smartphone yang meledak masih terbilang sedikit, namun aksi pencegahan wajib kamu lakukan kalau ingin ponsel pintarmu punya ‘usia panjang’.

Kebanyakan kasus smartphone meledak dipacu oleh tingkat panas berlebih. Tersusun dari berbagai material listrik, membuat ponsel pintar punya tingkat panas yang cenderung tinggi. Munculnya panas tersebut tak terjadi secara serta-merta. Berikut pemicu-pemicu panas yang terlihat sepele, namun bisa berakibat fatal.

1. Menggunakan ponsel selama proses pengisian baterai

Menurut para ahli dan prosusen smartphone, sangat tidak disarankan untuk menggunakan ponsel pintar selagi proses pengisian baterai berlangsung. Karena pengisian daya kerap menghasilkan banyak panas. Kombinasi panas antara pengisian daya dan penggunaan bisa mengakibatkan panas berlebih yang berbahaya bagi pengguna.

2. Gunakan charger tidak original

Buat kamu yang sering melakukan hal ini dengan alasan berhemat, sekarang saatnya untuk berpikir dua kali. Bukan tanpa alasan, pihak produsen sudah sering kali mengingatkan kalau kualitas dari charger tiruan tak dijamin aman bagi pengguna dan smartphone. Salah-salah, proses pengisian daya tersebut malah berdampak buruk bagi komponen bagian dalam sang ponsel pintar.

3. Melakukan proses pengisian baterai terlalu lama

Lagi, satu kebiasaan yang dilakukan hampir oleh sebagian besar orang. Jangan ditinggal tidur atau melakukan berbagai hal dalam jangka panjang ketika sedang melakukan pengisian daya. Energi berlebih yang masuk ke dalam ponsel pintar bisa sebabkan panas dan berisiko memicu ledakan.

4. Pakai baterai tidak original

Berhubungan dengan aksesoris smartphone, sebaiknya kamu jangan terlalu banyak menawar. Pakai yang original dan punya kualitas baik. Baterai non-original memang lebih mudah dan murah untuk didapatkan. Namun tak punya kualitas baik, membuat baterai ini punya kecenderungan lebih tinggi untuk meledak.

5. Mempertahankan baterai dengan cacat fisik

Kalau baterai ponsel pintarmu sudah memperlihatkan tanda ingin ‘pensiun’, coba biarkan is ‘beristirahat’ di sudut kamar. Karena kalau kamu tetap menggunakan baterai yang sudah menggelembung misalnya, itu akan menimbulkan potensi produksi panas berlebih yang bisa membuat smartphone terbakar.

Mencegah Smartphone Agar Tak Meledak atau Terbakar

Screenshot_2016-08-26-09-44-18_1

  1. Pengisian dengan tegangan rendah. Mengisi ponsel melalui port USB di komputer memang lebih lambat, tapi arusnya linier dan rendah, sehingga mengurangi produksi panas dan resiko terbakar.
  2. Hindarkan ponsel Anda dari paparan sinar matahari langsung.
  3. Jangan mengisi daya terlalu lama.
  4. Pastikan casing ponsel Anda memiliki kemampuan membuang panas yang memadai
  5. Jangan gunakan ponsel saat sedang dicas.
  6. Jika mengisi daya ponsel di mobil, dekatkan ponsel ke lubang AC agar tetap dingin.
  7. Jangan biarkan baterai ponsel Anda kosong terlalu lama dan kemudian mencasnya terlalu lama. Begitu baterai penuh, segera cabut dari sumber listrik.
  8. Letakkan ponsel Anda di ruangan yang berventilasi baik. Jangan meninggalkannya di dalam tas yang tertutup rapat.

Referensi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s