WhatsApp Serahkan Data Nomor HP Pengguna ke Facebook

Screenshot_2016-08-27-17-06-20_1

Aplikasi pesan instan WhatsApp akan mulai berbagi data nomor telepon seluler dengan induk usahanya, Facebook, yang menandai perubahan kebijakan privasi mereka.

Ketika Facebook membeli WhatsApp pada 2014 silam, pendiri dan CEO WhatsApp Jan Koum, bersumpah akan melindungi data penggunanya. Ia juga menambahkan kesepakatan itu tidak akan memengaruhi kebijakan privasi.

Nyatanya janji itu dilanggar sendiri oleh WhatsApp yang terpaksa mengubah kebijakan privasinya setelah empat tahun mereka tak mengalami perubahan.

Data nomor telepon seluler yang diserahkan WhatsApp ini akan menguntungkan bagi bisnis iklan Facebook. Menurut sebuah publikasi di blog resmi perusahaan, data itu akan dimanfaatkan untuk iklan dan memberi rekomendasi konten yang lebih relevan kepada pengguna Facebook.

WhatsApp berupaya meyakinkan pengguna untuk tidak menjual, berbagi, atau memberi nomor telepon pengguna untuk pengiklan pihak ketiga.

“Keyakinan kami atas nilai komunikasi pribadi tidak tergoyahkan,” tulis WhatsApp dalam sebuah publikasi resminya.

Kendati demikian, WhatsApp masih memberi pilihan kepada pengguna yang tidak mau berbagi informasi akunnya dengan Facebook.

Seorag pengguna WhatsApp bernama Mindy McAdamas, menilai di media sosial Twitter, bahwa ia kecewa dengan langkah yang diambil WhatsApp dan berencana untuk menghapus akun Facebook.

“Nomor telepon? Tidak! Saya tidak sepakat. Saya mungkin perlu menghapus akun Facebook. Ini tidak bercanda,” tulisnya.

WhatsApp saat ini merupakan layanan pesan instan terpopuler di dunia dengan jumlah pengguna mencapai 1 miliar. Begitu juga dengan Facebook yang menguasai pasar jejaring sosial dengan 1,6 miliar pengguna. [1]

Bahaya Sinkronisasi WhatsApp ke Facebook 

Seperti diketahui, WhatsApp baru saja mengubah kebijakan privasinya. Dengan kebijakan baru ini, memungkinkan WhatsApp untuk membagikan data pengguna ke Facebook.

Data pengguna yang dimaksudkan di sini terdiri dari nomor telefon pengguna dan pola tingkah laku pengguna aplikasi itu sendiri.

Sejatinya, pengguna diberikan pilihan oleh WhatsApp untuk memilih memberikan atau tidak membagikan informasi ke Facebook, namun tak semua masyarakat Indonesia yang membaca dan paham kebijakan terbaru itu.

Bagi pengguna yang sudah terlanjut memilih setuju (agree) terhadap kebijakan baru itu untuk segera menonaktifkannya.

Caranya, masuk ke pengaturan WhatsApp, pilih account, lalu nonaktifkan pilihan “share my account info”. Dengan begitu, artinya Anda tidak mengizinkan data milik Anda dibagikan ke Facebook.

“Memutuskan tak lagi berbagi informasi kepada Facebook merupakan langkah yang baik jika pengguna tak ingin membagikan informasi pribadi ke pihak lain. Hal ini tak menutup kemungkinan sewaktu-waktu nomor telefon dan informasi pengguna disebarkan ke pihak lain tanpa diketahui,” kata Pratama Persadha, Chairman CISSRec (Communication dan Information System Security Research Center).

Selain itu, data pribadi juga bisa dibagikan dan disimpan di Facebook. Pasalnya, WhatsApp kini berada di bawah naungan Facebook. Baik WhatsApp dan Facebook harus bersikap transparan terhadap privasi data dan informasi pengguna.[2]

screenshot_2016-09-07-07-46-49_1_1

Sumber

  1. https://www.intelijen.co.id/whatsapp-serahkan-data-nomor-hp-pengguna-ke-facebook/
  2. https://www.intelijen.co.id/bahaya-sinkronisasi-whatsapp-ke-facebook/
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s