Jama’ah Selfie Haji Indonesia

Banyak kita temukan hal yang lucu dan aneh pada saat pelaksanaan manasik haji..

Aneh,

Jedah itu tidak pernah dinyatakan oleh al-Qur’an dan AS-Sunnah serta Ijma ulama sebagai tempat miqat haji dan Umrah tapi banyak jamaah haji rame-rame ambil miqat di Jedah.

Aneh,

Mabit di MINA pada tanggal 8 ZULHIJAH disunnahkan namun banyak jamaah haji meninggalkan, malah mereka rame-rame Mabit di Arafah untuk berzikir dan berdoa di sana.

Aneh,

Mabit pada malam tanggal 9 ZULHIJAH di Muzdalifah hingga masuk shalat subuh diwajibkan, ternyata banyak sekali jamaah haji yang cuma mampir sesaat dengan alasan Mabit sampai subuh di Muzdalifah itu program haji reguler.

Aneh,

Thawaf Sunnah sangat dianjurkan untuk dilakukan berulang kali, ternyata banyak jamaah haji yang menelantarkan malah mereka melakukan Umrah berkali-kali padahal tidak pernah dipraktikkan oleh Kanjeng nabi Muhammad.

Lucu,

Meskipun mereka Umrah berkali-kali namun rambut mereka masih tetap utuh padahal Rasulullah dan para sahabat Umrah sekali saja semua rambutnya habis.

Aneh,

Melempar Jumrah pada tanggal 11, 12 dan 13 ZULHIJAH harus dilakukan setelah matahari tergelincir tapi banyak yang melempar sebelum matahari terbit, bahkan ada yang melempar Jumrah untuk tanggal 11 dan 12 dalam satu malam sekaligus, caranya pada tanggal 11 malam ke 12 mereka melempar Jumrah jam 23.30 untuk tanggal 11 kemudian melempar jam 0.100 dini hari untuk tanggal 12 lalu mereka keluar dari MINA karena mengambil NAFAR AWAL.

Lucu banget,

  • Ada di antara mereka yang Selfi sambil cium HAJAR aswad,
  • Selfi sambil Thawaf,
  • Selfi sambi Sa’i,
  • Selfi sambil melempar Jumrah,
  • Selfi bersama-sama di dalam masjid hingga orang yang sedang shalat diganggu dan diinjak pecinya hanya untuk berselfi.

Lucu,

Tidak ada jamaah haji yang paling gemar berfoto ria kecuali jamaah haji Indonesia:

  • Ada pesawat parkir di bandara difoto,
  • Ada payung masjid nabawi sedang mengembang atau mengempis difoto,
  • Jam dinding masjid difoto,
  • Monyet Arab sedang lewat difoto hingga ada di antara mereka dengan ikhlas berselfi bersama onta.

Pergi ke Raudhah disunnahkan, ziarah kubur nabi disunnahkan, ziarah Baqi disunnahkan, shalat Sunnah mutlak di masjid Mekah berpahala seratus ribu kali dan di masjid Madinah berpahala seribu kali dibanding masjid yang lainnya, ternyata jamaah sibuk merokok, Selfi, bercanda dan berkeliling toko untuk belanja.

Mereka berhaji dengan bayar mahal, capek, sakit, letih dan meninggalkan kerjaan dan keluarga ternyata setelah sampai di Mekah dan Madinah hanya merokok, ngobrol dan tidur-tiduran di hotel atau penginapan.

Aneh,

Mereka sibuk mengadakan acara tahlilan dan yasinan, mereka bersemangat membaca shalawatan, Ratiban dan manaqib namun AL-Quran dicampakkan dan dzikir pagi dan sore yang dianjurkan Rasul ditinggalkan.

Hampir nyata pada zaman sekarang, orang berangkat haji, yang kaya hanya sekedar jalan-jalan, yang ahli agama jualan menyebarkan bid’ah dan yang miskin minta-minta.

Aneh tapi nyata. Semuanya berawal dari kebodohan mereka terhadap ajaran Islam.

(Source: https://www.nahimunkar.com/jamaah-oo-jamaah-haji/)

Selfie Saat Ibadah, Apa Hukumnya?

Mengabadikan kegiatan saat apapun memang sudah menjadi budaya semua orang, terkhusus orang indonesia, hal ini sudah sangat menjadi tren masa kini, jika tidak mengabadikan moment-moment penting rugi rasanya, sampai kepada hal yang dianggap sakral juga harus di abadikan.

Begitu juga ketika melaksanakan ibadah umroh di tanah suci, banyak juga yang tergoda untuk melakukan foto selfie saat umroh terutama ketika Thawaf di baitulloh dengan berfoto pribadi dengan latar belakang  Kabah. Pertanyaannya bolehkah sebenarnya hal tersebut dilaksanakan selama proses ibadah umroh?

Ali bin Abdul Aziz Al-Shibal salah seorang anggota komite kesadaran haji dan dosen di Majmaah University, demikian ulama saudi tersebut mengatakan foto selfie saat umroh dan haji  berpotensi untuk pamer dan ini berbahaya karena akan menggugurkan amal yang dilakukan saat haji atau umroh di tanah suci. 

Mengambil gambar agar orang lain tahu atau sedang menunjukkan bahwa anda sedang melakukan amal kebaikan  bisa mempengaruhi kemurnian niat dan mengaburkan tujuan anda dalam beribadah. Berikut ini pendapat beliau yang lain mengenai hal ini:

  • 1) Ketika melaksanakan ibadah haji dan umroh jamaah  harusnya bisa lebih fokus beribadah di tanah suci, dan membuang jauh-jauh hal yang bisa merusak ibadah.
  • 2) Masyarakat muslim hendaknya bangga dengan identitas diri mereka dan tidak begitu saja mengikuti sesuatu walaupun itu sedang trend.
  • 3) Beberapa ulama setuju foto dilarang digunakan kecuali untuk tujuan tertentu seperti foto di acara-acara penting, mengambil foto pelaku kriminal, membuat kartu penduduk, mengajar dan untuk media belajar.

Karena pentingnya perkara ini maka lanjut Al Shibal akan dilakukan kampanye pada musim haji dan umroh. Kampanye akan ditujukan kepada masyarakat muslim yang berpendidikan dan muslim yang lain agar menjauhi kebiasaan yang tidak islami.

Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمْ الشِّرْكُ الأَصْغَرُ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا الشِّرْكُ الأَصْغَرُ قَالَ الرِّيَاءُ

“Sesungguhnya yang paling ditakutkan dari apa yang saya takutkan menimpa kalian adalah asy syirkul ashghar (syirik kecil), maka para shahabat bertanya, apa yang dimaksud dengan asy syirkul ashghar? Beliau shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Ar Riya’.” (HR. Ahmad dari shahabat Mahmud bin Labid no. 27742).

Demikian artikel tentang foto selfie saat umroh. Ketika beribadah haji dan umroh di tanah suci akan lebih baik jika kita memanfaatkan waktu yang ada untuk beribadah lebih baik dan membuang hal-hal yang bisa merusak ibadah supaya haji dan umroh kita bisa mabrur.

(Source: http://www.islamjuara.com/selfie-saat-ibadah-apa-hukumnya/)

Berikut foto-foto Selfie khas Jama’ah Indonesia:

denatourumroh.com

denatourumroh.com


www.kampungmuslim.com

kampungmuslim.com


Satuaspal.com

Satuaspal.com


BeritaHati.com

BeritaHati.com


 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s