Ustadz Abu Janda al-Boliwudi, Ustadz Opo Iki?

img_20161116_214300

Fenomena Ustadz yang satu ini memang benar-benar kontroversial. Bermain argumen2 yang menjebak. Berikut adalah penelusuran tentang Ustadz Abu Janda Al Boliwudi yang saya salin dari Kaskus:

  • 1. Nama Aslinya Permadi Arya, dia Gemar bermain Ayat-Ayat Qur’an dan Hadits

Beberapa hari ini, dunia maya dihebohkan dengan kehadiran ustad parodi Abu Janda al-Boliwudi, pengasuh pondok pesantren online Al-Faceboki . Kehadiran Abu Janda al-Boliwudi menjadi perhatian masyarakat/netizen lantaran postingan-postingan kontroversialnya dengan tema agama di Facebook Page-nya http://www.facebook.com/ustadabujanda(http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:https://www.facebook.com/ustadabujanda). Postingan-postingan tersebut mendapat tanggapan pro dan kontra dari masyarakat, khusunya umat Islam. Tidak sedikit orang yang mengira bahwa Abu Janda Al Boliwudi adalah ustad betulan , karena beberapa kali mengutip ayat Al Quran dan juga hadits Nabi dalam postingan maupun saat membalas komentar-komentar di FPnya. Beberapa netizen muslim yang penasaran menelusuri identitas dari ustad parodi tersebut , dan akhirnya berhasil mengetahui namanya, Permadi Arya.

  • 2. Pertama kali dikenal dengan Video Parodi ISIS

Pada awalnya, seingat ane.. Abu Janda Al Boliwudi ini gimmicknya mulai dimainkan atau diperkenalkan oleh agan Permadi saat dia memparodikan video ancaman panglima ISIS terhadap TNI, Polri, dan Banser.

Setelah video parodi ISIS-nya heboh, agan Permadi meneruskan gimmick Abu Janda Al Boliwudi-nya dengan membuka pondok pesantren online Al-Faceboki , lalu mulai mengeluarkan postingan-postingan kontroversialnya

img_20161116_215442 img_20161116_215422 img_20161116_215354 img_20161116_215334 img_20161116_215318 img_20161116_215301

Ustad Abu Janda al-Boliwudi ini juga dikenal piawai membuat grafis dakwah yang kontennya kontroversial. Berikut adalah beberapa karya grafis dakwah Abu Janda al-Boliwudi yang berhasil ane rangkum dari Facebook Page-nya yang masih bisa diakses dengan Google Chace (http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:https://www.facebook.com/ustadabujanda/photos_stream?ref=page_internal)

img_20161116_215234

  • 3. Dia seorang Kaskuser

Sebenarnya masih banyak, cuma malas nampilin semua di sini

img_20161116_215208

Siapa sih sebenarnya Abu Janda al-Boliwudi atau agan Permadi ini? Ane sendiri tidak kenal secara personal dengan agan Permadi ini meski ane dan agan Permadi berteman di Facebook. Ane lebih mengenal dia sebagai agan ‘serafffff’, TS-nya trit ‘The XYZ of World War [Semua yang di-edit dari sejarah Perang Dunia]’ salah satu trit legendaris di subforum Sejarah & Xenology di Kaskus pada 2010-12 silam. Sekarang udah ngga bisa dibuka di webnya Kaskus, namun kalau ingin buka masih bisa dibuka di arsipnya kaskus, nihhttp://archive.kaskus.co.id/thread/6320094/

img_20161116_215217 img_20161116_215120

Perkenalan di Trit:http://archive.kaskus.co.id/thread/6320094/870
ID Kaskus: http://www.kaskus.co.id/profile/43984
Akun Google+:https://plus.google.com/+PermadiArya…ts/ezBzqPqzJxw

Kalau dari ane SR di trit legendaris itu (The XYZ of World War) beberapa tahun lalu, agan Serafffff ini pencinta teori konspirasi di atas kospirasi semacam dunia debunk mendebunk gitu. Mulai dari keyakinannya bahwa jutaan orang Yahudi tewas di kamp konsentrasi hanyalah mitos, dia holocaust denial sejati gitu; lalu soal White Supremacy, di mana kulit putih adalah ras yang paling benci terhadap Semit (Yahudi-Arab); Konspirasi pembunuhan JFK untuk kelangsungan perang Vietnam; Aliansi Bush-Wahabi Saudi, dan masih banyak lagi, pokoknya tentang konspirasi atau ‘konspirasi di atas konspirasi’, emang bahasan yang menarik untuk sekadar seru-seruan, namun akan kurang menarik kalau terlalu serius atau dipaksakan ke orang lain untuk percaya.

Pada trit tersebut, teori2 yang dikemukanan agan serafffff yang bersumber dari buku-buku impornya yang ‘katanya’ mahal (harganya jutaaan) mendapat banyak sanggahan dari para sejarawan kaskus, hingga terjadi perdebatan yang panjang dan seru. Ane yang cuma SR aja, melihat agan serafffff dalam berdebat/berdiskusi itu agak (maaf) bebal hingga terkesan emosional, karena tidak ada secuil pun ruang untuk perspektif lain selain yang dia yakini, pokoknya apa yang dikatakan di buku mahalnya itu, 100% benar. Bahkan agan serafffff sampai terlibat debat kusir tak berujung dengan kaskuser bule asli Jerman, (bule.gila kalau ngga salah id-nya), yang tentu, si bule, sebagai orang asli Jerman akan bisa melihat sejarah bangsanya sendiri dengan lebih greget, karena sumber2 informasi di negaranya sendiri jauh lebih banyak.

Dari para sejarawan kaskus lawan diskusi agan serafffff di trit tersebut, yang menurut ane sangat-sangat kompeten bisa membantah teori-teori yang dikemukanan agan serafffff di trit itu adalah agan ‘dedi12 (selain bule.gile yang ane sebutin sebelumnya), dimana dia juga punya referensi bacaan tentang sejarah yang kalau ane ngga salah duga lebih banyak dari buku2nya agan seraffffff yang katanya mahal itu. Soal siapa yang benar atau siapa yang menang debat dalam dikusi sejarah itu, sebenarnya tidak terlalu penting buat ane, toh dikusi mereka bisa menambah khazanah ilmu tentang sejarah buat ane. Selain itu, melihat mereka diskusi juga bisa jadi sarana belajar untuk mengenali karakter2 orang dalam berdiskusi, ada yang sangat open-mind, ada yang emosian, ada yang super bebal, ada yang diam-diam menghanyutkan, dll.

  • 4. Ustadz Bohongan

Ok, mari kembali ke soal Abu Janda al-Boliwudi-nya, bukan agan serafffff-nya.. Meski berperan sebagai ustad parodi, Abu Janda ini sering menghubungkan fakta-fakta sejarah dengan ayat-ayat Al Quran serta hadits Nabi, hingga terkesan ‘cocoklogi, seperti kebiasaannya dulu saat aktif di tritnya The XYZ of World War. Apa yang Abu Janda al-Boliwudi dakwahkan , memang kebanyakan mengusung tema-tema yang realitanya terjadi di masyarakat, namun ketika segala ayat dan hadits dibawa-bawa lalu dipaksakan sebagai penguat/pembenaran atas setiap pernyataannya, ane rasa itu berlebihan atau keblinger. Kan dari awal agan Permadi ini sudah mencitrakan bahwa Abu Janda al-Boliwudi adalah akun parodi, alangkah seru bila postingannya sekadar kritik-kritik pedas tanpa bawa-bawa ayat Al Quran atau Hadits Nabi.

Orang yang berbicara tentang ayat dan hadits itu seyogianya adalah orang yang memang mafhum akan dua hal tersebut, bukanya ustad parodi. Betul, setiap orang punya kebebasan untuk mengeluarkan pendapatnya, namun saat dia tanpa sengaja sudah menjadi rujukan orang-orang yang “terjebak” , ane jadi khawatir sama efek berantai/viral-nya. Kebiasaan ‘cocoklogi’ yang ada pada ustad Abu Janda al-Boliwudi ini tidak ane temuin di akun-akun parodi lain, seperti akun parodi Anda Bertanya Habib Rizieq Menjawab atau akun parodi Ustad Felix Kwetiau . Makanya ane dan mungkin sebagaian orang melihat akun ABHRM dan UFK asik-asik aja . Kalau Abu Janda Al Boliwudi ini, banyak yang nyangka doi ustad beneran meski awalnya hanya iseng belaka, bahkan ada beberapa ormas yang jadiin agan Permadi ini DPO.. kalau seperti itu, ane malah kasihan sama anak istrinya

img_20161116_215102

CMIIW, Wallahu a’lam


Komentar beberapa kaskuser yang menurut ane menarik

Quote:Original Posted By koetoeberas
halah cari sensasi ni orang, ada aja lagi yang nanggepin bacot ni orang, anggap aja joke

ane pernah baca postingan follower page nya dia di fb, emang kaya nya si tolol2 pd anggap ini orang ustad beneran ya gitulah klo ilmu agama nya ngambil dr google n fesbuk

Quote:Original Posted By ferari419
Ada temen ane di facebook yang ngambil postingan ‘ustad’ ini trus komen yang agak2 ga enak ttg umat islam terkait kasus di papua. Trus ngerasa pendapat dia benar karena toh ‘ustad’ ini loh yang ngomong. Ane jadi penasaran siapa sih ustad abu janda ini. Sampe nanya ke suami yang sering ikut kajian kenal ga sama si agan ustad ini. Soalnya ngaku ustad tapi kok cara pikirnya agak aneh menurut ane. Untungnya ada trit ini yang memberikan pencerahan tentang si ustad ini yang ternyata oh ternyata….

Quote:Original Posted By hanif48
Woy apus ni trit… .. ini melecehkan guru ane..
Ane jamaah Al-Facbooki.. Dia udah capek capek ngajarin ane bagaimana mencari Like yang sesuai syariah..

Dia juga bagus teknik dakwah di dunia maya nya.. Pokoknya apus sekarang. Atau ane panggilin seluruh pasukan ane di pesantern online ini..

Ane pernah ikut seluruh pondok onlen.. Twitterullah, Facebukullah, Youtubullah, Dan Instagramullah..
Inget gan.. Kalo gak closed ane akan kirim pasukan ini ke ID ente

Harap di pejwan biar gak ada yang berani-beraninya mengina guru ane

Quote:Original Posted By tukangnasibakar
Ane setuju ama TS, ga perlu bawa2 Al-Quran dan Al-Hadits..

dari namanya aja udah, engg [ahh sudahlah]… “Abu Janda”, abu setau ane artinya bapak, kalo abu janda jadi bapaknya para janda, gitu..??

susah kalo otak udah sering dicuci make mesin yg namanya “JIL”, jadinya yaa cem begini ini..

Quote:Original Posted By bonebreaker19
Wakakak cuma orang muslim bodoh yang makan mentah mentah itu ajaran si al janda boliwud. banyak muslim dan non muslim yang setuju dan membenarkan mentang mentang itu keluar dari kata ustad( padahal jelas jelas itu ustad palsu). itu ustad ingin menyesatkan umat, buat kepentingan dia dan kelompok nya. Cara menulis dan membalas komentar sudah membuktikan bahwa dia bukan orang yang mempunyai ilmu agama yang tinggi. Ada beberapa non muslim yang udah tau ini palsu bilanh ini cuma parodi atau sarkas Walau cuma ustad parodi apa mau agama kita dilecehkan dan disesatkan sama orang yang ngaku ustad? Tentu tidak

Quote:Original Posted By moemaang
Waduh, baru nyadar ane. Rupanya ni orang pencininta bollywood.
Namanya Abu Janda al-Boliwudi, ‘Janda’ itu bisa jadi maksudnya ‘Jundun’ yg artinya ‘tentara’ (ga tau deh dari mana n kenapa yg dia dapat kata janda itu ), al-Boliwudi = Bollywood
jadi maksudnya dia ini tentara (pejuang) bollywood

Original Posted By 72godesses
kalau fb si bibib lucu neh suka bully jones di malam minggu
kalau fb si kokoh kwetiaw rada sara, bebal adminnya ga terima masukan malah ane di ban
kalau fb si ustad ini rada ekstrim, sumpeh berani amat gak takut jatidiri kebuka nih orang

maksudnya janda al boliwoodi itu plesetan dari video lalu yg mengancam polisi tentara kayaknya
aslinya orang biasa, jangan dimasukan hati, cuma sarkas aja
Quote:Original Posted By absanalbar
Malam, saya anggota baru disini..saya adalah salah satu “supporter” dari “Ustad” Abu Janda Al Boliwudi,saya cuma heran..kenapa orang terlalu serius dengan label “Ustad”nya yang jelas2 hanya parodi belaka..namun saya lebih melihat daripada “makna” dari tulisan2 dia.
karena saya sendiri mantan orang berpemikiran “Radikal” yang udh tobat..jadi semenjak itu saya rada alergi ama yg berbau begituan,oleh karena itu saya melihat Abu Janda dari sisi positifnya,karena saya gamau generasi muda ikut2an bahlul seperti saya dulu. dan saya sudah sangat muak dengan intoleransi,kebencian,dan nafsu “jihad” para bahlulers,malah saya hampir ga mau percaya sama Islam dan Al Quran,tapi akhirnya saya berubah (saya gamau cerita kenapa),dan akhirnya saya nemu Abu Janda di FB,dan setelah menelaah tulisan2nya ,saya semakin mantap meninggalkan pemikiran saya di masa lalu yg penuh “kegelapan”.
kalo hal “cocoklogi” oleh Abu Janda,saya sendiri sebagai orang yang ga cepet percaya hadist2,saya tidak setuju padanya,tapi maybe dia pake hadist2 utk “pendekatan” kepada orang2 yang mau disampaikan.sekian terima kasih,mohon maaf jika tidak berkenan selamat malam

Quote:Original Posted By mattevilfurya
Gw dulu pernah baca tuh trit nya si serafff waktu masih sering maen ke Forsex
gw juga suka sama video parodi nya isis dulu, kocak sumpah
Gak lama sama media radikal langsung di “DPO”-in gara2 dianggep melecehkan islam,
padahal model2 ISIS yang dia parodiin gitu yang menurut gw paling meleceh kan Islam.

tp pas bikin fp fb, dia posting vocal banget sih, jadi langsung “dihalalin darahnya”
Menurut gw bahaya, coz di sini masih banyak orang yang sumbu nya pendek.

Mungkin dia gerah sama kelakuan kelompok intoleran/radikal, makanya dia bikin FP itu,

Dibelakang ada yang bilang soal sarkas,
Klo saran gw , ikutin tuh mojok.co, sarkasnya dewa banget, jd golongan 2D yang sumbunya pendek gak ngarti klo lagi disindir.
aman dah…

  • 5. Dia adalah Non Muslim

Temuan Agan streisouls tentang Agan Serafffff yang mengaku mantan muslim (ane baru tahu dan kaget )

Original Posted By streisouls
silahkan menilai gan, jika muslim mengaku dirinya sebagai mantan muslim, bagaimana pendapat agan2 ?
http://www.kaskus.co.id/show_post/55…0d8b4567/232/-
Tolong ditaro di page 1 jika berkenan

Ini screenshot agan Serafffff mengaku mantan muslim
Quote:

img_20161116_215031

BERHATI-HATILAH MENGIDOLAKAN SESEORANG. SILAKAN MENGIDOLAKAN SIAPA SAJA, TAPI PASTIKAN AKIDAHNYA BENAR. APAKAH ANDA JUGA TERTIPU OLEH IDOLA ANDA SENDIRI?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s