Taman Borobudur di Museum Vatikan

img_20161120_074145

Pariwisata Indonesia terus unjuk gigi di kancah dunia. Salah satu buktinya, pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Vatikan membangun ruang koleksi khusus Indonesia di Museum Vatikan.

Upaya realisasi itu dibahas Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, saat berkunjung ke Vatikan baru-baru ini untuk sebuah pertemuan dengan President of the Vatican City State, Cardinal Giuseooe Bertello.

Kerja sama tersebut berlanjut tahun 2014 dengan penyelenggaraan pameran sementara bertema Indonesia: “Land of Harmony“ yang menampilkan konsep pluralisme Indonesia, mirip motto “Bhinneka Tunggal Ika”.


Pengembangan ruang koleksi permanen Indonesia tersebut diusulkan oleh KBRI kepada Vatikan dan mendapatkan dukungan penuh oleh Kementerian Pariwisata Indonesia. Kunjungan Menteri Arief Yahya juga bertujuan untuk melihat langsung ruang koleksi Indonesia serta membahas rencana pembangunan selanjutnya.

Indonesia mendapat ruangan pameran seluas 292 meter persegi untuk menampilkan koleksi budaya dan sosial dari seluruh Nusantara. Di ruang tersebut Indonesia akan menampilkan berbagai koleksi sesuai dengan motto Indonesia yaitu: Bhinneka Tunggal Ika. Ruang pameran tersebut paling luas dibandingkan dengan negara lain seperti Australia dan India.

img_20161120_074126


Ruang Indonesia akan memperlihatkan kepada dunia bagaimana pluralisme di Nusantara. Rencananya ruang koleksi permanen juga dilengkapi dengan Indonesian Garden yang memamerkan patung badak bercula satu dari perunggu, di mana habitat yang tersisa satu-satunya berada di Taman Nasional Ujung Kulon di Jawa Bagian Barat.

img_20161120_074215


Museum Vatikan sendiri merupakan salah satu museum terbaik di dunia selain Museum Smithsonian di Washington DC dan Museum Louvre di Paris. Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke museum ini mencapai 6 juta orang per tahun. Museum ini selalu ramai pengunjung, bahkan bisa mencapai lebih dari 10 ribu orang setiap harinya.

[sumber: http://m.dreamers.id/lifestyle/article/46425/]
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s