Andrew, Perobek Al-Qur’an yang Menjadi Mualaf

img_20161204_233410

Andrew Handoko


Ditengah isu umat Islam yang sedang fokus terhadap penistaan Al Qur’an yang dilakukan Ahok, di Solo terjadi pelecehan serupa yang dilakukan seseorang keturunan Cina yang diduga telah merobek-robek Al Qur’an.

Berdasarkan penelusuran Panjimas, melalui jejaring sosial Whatsapp, salah satu anggota grup dengan akun “fbraja” melaporkan adanya pelaku pengrobekkan Al Qur’an. Setelah berkoordinasi kebenaran berita, didapat pelaku bernama Andrew Handoko Putra adalah keturunan warga Cina.

Foto Andrew pun diunggah dan disebar di jejaring sosial beserta bukti Al Qur’an yang telah dirobeknya. Edi Lukito, Ketua Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS) juga membenarkan kejadian tersebut setelah dirinya mendatangi Polresta Solo, Senin (31/10/2016) malam.

Sementara itu, Endro Sudarsono, humas LUIS yang memantau perkembangan kasus tersebut mengatakan bahwa pelaku sudah berada di Polda Semarang demi keamanan. Tempat kejadian perkara (TKP) di Kost Green Park Kamar LAVENDER, Jl. Pleret Raya, Sumber, Banjarsari, Solo.

“Ada 5 orang elemen muslim Solo yang menyerahkan pelaku ke Polresta Solo kemarin sore. Keturunan Cina, dan sekarang sudah dibawa ke Polda Semarang” katanya.

Kronologi Kejadian

img_20161204_233234

Bukti-bukti Al-Qur’an dan buku-buku lain yang disobek.


Peristiwa itu terjadi saat pelaku AH sedang bertengkar dengan seorang wanita dengan inisial FD alias Fafa. Singkat cerita, AH gelap mata dan menyobek Al-Qur’an. Korban FD alias Fafa mengadu ulah AH kepada rekannya, HB yang memberinya Al-Qur’an tersebut.

Menurut Condro, ada motivasi asmara di balik pertengkaran antara AH dan Fafa.

“Motifnya karena cemburu. Kan dia mendatangi kos-kosan pacarnya. Cemburu pacarnya enggak pulang-pulang, enggak datang-datang”, ungkapnya.

Selain itu, tersangka juga diduga di bawah pengaruh alkohol. Sehingga, saat meledak pertengkaran antara sepasang kekasih tersebut, AH berubah gelap mata.

“(Tersangka) dipengaruhi minuman keras juga. Karena di situ kita temukan botol miras. (tersangka) Merusak kamar itu, salah satunya merobek Al-Qur’an”, pungkasnya.

Versi lain

Sementara menurut kronologi yang diungkap aktivis Mualaf Center Indonesia, Hanny Kristianto, Andrew tidak terima temannya belajar Islam dan ingin masuk Islam.

Kejadian berawal Andrew marah-marah tidak terima temannya belajar Islam dan ingin masuk Islam, kemudian Alqur’an disobek – sobek demikian juga dengan 2 buku muslim lainnya.

Kejadian ini terjadi senin sore (31/10/2016) sekitar pukul 16.00 wib di Green Park Solo Manahan di kediaman teman Andrew bernama John Sofyan (Katholik) dengan disaksikan disaksikan teman Andrew lainyan bernama Antonius Suryadi (Katholik).

Menurut Endro, kronologi kejadian pada hari Ahad (30/10) pukul 04.00 wib, penghuni kost bernama Fitri Damayanti alias Fafa sebagai korban, dengan pelaku cekcok sehingga terjadi penyobekan al Qur’an, dari pemberian dari salah satu elemen Islam.

“Karena disobek kemudian akan meminta lagi kepada yang memberikan, kemudian ditanyakan oleh yang memberi, dijawab oleh Fafa bahwa al Qur’an disobek oleh pelaku” ucap Endro.

Atas informasi tersebut, pada hari Senin pukul 17.30 wib, lima orang elemen islam datang ke kost melakukan interogasi pada pelaku penyobekan, adapun awal tertadinya penyobekan adalah pelaku membuang baju korban ke kamar mandi dan menyobek al quran dan buku pokok-pokok ajaran islam yang wajib diketahui, yang dimiliki Fafa.

“Fafa bersama elemen islam datang ke SPTK melaporkan dan membawa pelaku serta barang bukti (BB), setelah dilakukan interogasi awal diruang reskrim dan koordinasi oleh para pimpinan, Andrew dibawa ke polda jateng oleh para penyidik” kata Endro.

Dalam kasus ini menurut Endro terdapat saksi yakni, Antonius Suyadi (44), penjaga kost Green Park dan Jonh sofyan (55), pemilik kost.

Dijerat Pasal Penistaan Agama

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Condro Kirono, menyatakan bahwa tersangka pelaku perobekan Alquran, AH, dijerat dengan pasal penistaan agama.

“Penistaan agama. Ancamannya lima tahun, jadi kita bisa tahan,” kata Condro Kirono di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (1/11/2016).

Condro menambahkan, tersangka AH sudah ditangkap dan demi kepentingan pemeriksaan kini yang bersangkutan ditahan di Polda Jateng. “Jadi, sekarang ini sudah ditangani Polda. Pelakunya sudah ditangkap dan ditahan. saksi-saksi sudah diperiksa ada tiga saksi,” katanya.

Menjadi Mualaf

picsart_12-04-11-49-50

Sehari sebelum Aksi Beka Islam 212 pada tanggal 1 Desember 2016 Andrew Handoko dengan sendirinya ingin memeluk islam. Dia selama ini mengatakan mudah marah-marah, dan ingin mendapatkan ketenengan jiwa.

Andrew Handoko mengucapkan dua kalimat sahadat di Masjid Polda Jawa Tengah pada pukul 13.30WIB dihadapan perwakilan Majelis Ulama Kota Semarang (MUI Kota Semarang) dan yang menjadi saksi ketua PITI (Persatuan Muslim Tionghoa).
Walaupun yang bersangkutan sudah menjadi mualaf, proses hukum tetap dilanjutkan. InsyaAllah yang bersangkutan dalam waktu dekat akan menjalani sidang. Andrew Handoko dikenakan Pasal Penistaan Agama.
Mari bersama-sama kita doakan saudara kita yang baru memeluk islam ini, semoga istiqamah, dan mejadi mukmin yang baik.

“Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi hidayah kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi hidayah kepada orang yang Dia kehendaki”. [Al Qashash/28 : 56].

Beliau bersyahadat bukan lalu selesai dan dihentikan kasusnya. Proses masih dilakukan hukuman tetap berjalan, beliaunya tetap ditahan, dosa urusannya dengan Alloh, pidananya tetap dengan aparat penegak hukum. Nohon khusnudzon dengan sesama muslim.
#TangkapPenistaAgama
#PenjarakanPenghinaAlquran
facebook.com/kristiantohanny/

facebook.com/kristiantohanny/


Referensi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s